Mengunjungi Masjid Al-Irsyad yang Menyerupai Kakbah

0
1282
Masjid Al-Irsyad
Masjid Al-Irsyad

Bentuk masjid di Bandung ini berbeda dari pada yang lainnya. Masjid Al-Irsyad merupakan sebuah masjid yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang bentuknya seperti kubus besar layaknya bentuk bangunan Kubah di Arab Saudi.

Masjid Al-Irsyad diresmikan pada 17 Ramadan 1431 Hijriah tepatnya 27 Agustus 2010 silam. Bangunannya unik, megah, dan kokoh. Beberapa bulan setelah dibangun, masjid yang memiliki arsitektur memukau ini langsung menyabet penghargaan bergengsi tingkat dunia.

Penataan batu bata pada keseluruhan dinding terlihat sangat mengagumkan. Batu bata disusun berbentuk lubang atau celah di antara bata solid. Pembangunan masjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil. Dia menciptakan desain unik sebuah masjid yang memanfaatkan sinar matahari.

Masjid Al-Irsyad
Masjid Al-Irsyad

BACA JUGA :

Mengapa Anak Harry dan Meghan Tidak Diberi Gelar Kerajaan?

Menuangkan Rasa Syukur di bulan Ramadan Versi Wardah

Yang istimewa, desain arah kiblat dibuat terbuka dengan pemandangan alam. Saat senja, semburat matahari akan masuk dari bagian depan masjid yang tak berdinding itu. Celah-celah angin pada empat sisi dinding masjid menjadikan sirkulasi udara di ruang masjid begitu baik, sehingga tidak terasa gerah atau panas meski tak dipasangi AC atau kipas angin.

Ruang salat di masjid mampu menampung sekitar 1.500 jamaah ini. Masjid ini tidak memiliki tiang atau pilar di tengah untuk menopang atap, sehingga terasa begitu luas. Hanya empat sisi dinding yang menjadi pembatas sekaligus penopang atapnya.

Masjid Al-Irsyad
Masjid Al-Irsyad

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here