Cara Komunikasi Saat Rapat Agar Kerja Lebih Efektif

0
1841
Foto : Pexels.com Itjeher.com
Foto : Pexels.com Itjeher.com

Cara komunikasi saat rapat perlu diperhatikan, terkadang begitu seringnya kegiatan ini diadakan oleh kantor, hal-hal penting malah luput dari perhatian. Jika tidak dilakukan dengan tepat, maka potensi miskomunikasi akan sangat besar, bahkan ketika tanpa disadari sekalipun.

Simak, cara komunikasi saat rapat berikut ini!

  • Kenali Anggota Rapat dengan Baik

Mengenal anggota diskusi adalah hal paling esensial di dalam rapat, baik kegiatan ini dilakukan secara langsung atau lewat presentasi. Jawab pertanyaan seperti kepada siapa sebuah ide akan ditujukan, apa isi dari pesan yang ingin disampaikan, apakah yang diajak berbicara perlu tahu, hingga apa yang dituju dari pesan tersebut.

BACA JUGA :

Makanan Ini Bisa Optimalkan Kerja Otak Kamu

  • Jangan Terburu-buru

Saat menemui masalah atau sedang mendapat tanggapan dari anggota rapat, maka tak perlu terburu-buru untuk menjawab. Posisikan diri di berbagai sudut pandang, dan coba analisa masalah hingga jelas.

  • Dengar Masalah untuk Tujuan Mencari Solusi

Banyak yang menjawab diskusi bukan karena mengerti pertanyaan yang diajukan, namun hanya merasa perlu membalas. Jangan sampai komunikasi yang terjadi hanya berakhir menjadi debat kusir belaka.

  • Terima Masukan dan Kritik

Cara komunikasi saat rapat yang sebenarnya penting tapi sulit dilakukan adalah menerima masukan dan kritik dengan baik. Saat berdiskusi, tinggalkan sikap menghakimi terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here