Tawarkan Ecotherapy pada Anak Sejak Dini

0
433

Apa yang disebut dengan ecotherapy ? yaitu terapi alam atau biasa disebut terapi lingkungan dan terapi hijau. Banyak sekali manfaatnya untuk anak-anak khususnya, agar tubuh siap beradaptasi dengan alam bebas sejak dini.

Terapi ini telah terbukti mampu memperbaiki mood, mengurangi kecemasan, stres, dan depresi, serta meningkatkan kebugaran tubuh anak. Dalam terapi alam, anak didorong untuk menghabiskan waktu di taman, kebun, ruang hijau terbuka, pantai, pegunungan, dan lingkungan alami lainnya. Saat berada di alam bebas, anak juga dianjurkan untuk beraktivitas fisik seperti bermain dan menjelajahi lingkungannya.

BACA JUGA :

Mengatasi Anak Penakut dengan Mengubah Cara Berbicara

Rutinitas untuk Anak Menciptakan Rasa Aman

Yang pasti tidak perlu mengeluarkan ongkos banyak. Karena tidak perlu menggunakan bantuan terapis khusus. Kamu bisa lakukan hal ini bersama anak dan pasangan atau teman dan keluarga. Misalnya dengan liburan ke gunung, pantai atau hanya bermain bola di lapangan dekat lingkungan rumah kamu.

Berikut manfaat dari Ecotheraphy :

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Saat anak bermain di taman, terjatuh, dan berlarian kesana kemari, secara tidak langsung itu bisa membantu meningkatkan imunitas tubuhnya. Sehingga tidak mudah sakit. Sementara kalau bermainnya hanya di dalam ruangan tertutup, anak rentan mengalami alergi yang berkaitan dengan sistem pernapasan.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Banyak hal di sekitar taman yang dapat merangsang rasa ingin tahu anak. Hal ini tentu dapat meningkatkan perkembangan kognitif, daya nalar, dan keterampilan anak dalam mengamati sesuatu. Dengan demikian, imajinasi Si Kecil dapat berkembang.

  1. Lebih Mandiri

Alam dapat merangsang rasa ingin tahu anak dan mendorong ia untuk lebih berani bereksplorasi. Saat berada di taman, kamu secara tidak langsung dapat melatih anak lebih mandiri dengan mengajaknya untuk mencoba banyak hal baru, sesederhana coba memegang berbagai macam tekstur, misalnya batu, daun, rumput, dan lain sebagainya.

  1. Keseimbangan Tubuh yang Lebih Baik

Ketika bermain di alam, pemainan anak-anak menjadi lebih beragam dan kebanyakan akan membuatnya lebih banyak bergerak. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan motorik, melatih refleks, dan keseimbangan tubuhnya sehingga Si Kecil dapat jadi lebih lincah.

  1. Membantu Konsentrasi di Sekolah

Menurut laporan dari National Wildlife Federation pada tahun 2010, para guru melihat bahwa anak-anak yang sering bermain di luar secara rutin, memiliki konsentrasi dan performa yang lebih baik saat belajar. Dengan bermain di luar, Si Kecil dapat mengasah rasa ingin tahu dan belajarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here