Kenali Tanda Ini Sebelum Memulai Poty Training

0
527
Foto : Pixabay Itjeher.com
Foto : Pixabay Itjeher.com

Memasuki masa memulai potty train atau mengajar balita buang air kecil atau besar sendiri adalah fase penting yang seringkali ditakuti orang tua. Jika ingin masa ini berhasil, orang tua perlu sangat disiplin agar anak bisa lebih percaya diri.

Banyak orang tua yang memulai potty train sejak dua setengah hingga tiga tahun, ketika di siang hari anak telah memiliki jam buang air yang cukup teratur. Tapi ada juga anak yang baru bisa memulainya sejak berusia tiga atau empat tahun.

Untuk mengetahui kesiapan tersebut, ini dia tanda-tandanya!

BACA JUGA :

Cuaca Dingin di Bandung hingga 13 Derajat Celcius

Musim ke Tiga Stranger Things Laku Keras

Wisata Bawah Laut Bunaken di Festival Pesona Bunaken 2019

  • Tanda Fisik

Beberapa tanda fisik bisa diamati untuk memeriksa kesiapan anak memulai poty train. Pastikan cara berjalan anak sudah cukup terkoordinasi dengan baik, juga jika sudah dapat berjalan dan melompat dengan seimbang. Perhatikan juga jumlah buang air dalam sekali, anak yang sudah bisa buang air kecil dalam jumlah yang cukup banyak tak akan menambah drama bolak-balik toilet. Periksa apakah anak tetap tidak buang air selama dua jam setelah tidur siang

 

  • Tanda Kebiasaan

Ketika anak sudah bisa duduk diam dalam satu posisi selama dua atau lima menit, artinya ia mulai bisa menguasai diri. Ajarkan anak cara membuka celana dan memakainya kembali. Salah satu tanda yang paling terlihat adalah saat anak merasa risih ketika di popoknya sudah banyak kotoran dan ingin segera dibersihkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here