Cara Membuat Anak Betah Mengerjakan Tugas Sekolah

0
352
Foto : Pixabay Itjeher.com
Foto : Pixabay Itjeher.com

Tugas sekolah bukan hanya jadi kesempatan bagi anak untuk mengulang pelajaran di rumah, namun juga jadi kesempatan untuk orang tua terlibat dalam pendidikan anak. Buatlah kondisi senyaman mungkin agar anak dengan senang hati mengerjakan tugas sekolah.

Ini yang bisa dilakukan!

BACA JUGA :

Rapper One Resmi Meninggalkan YG Entertainment

Deodoran Untuk Kulit Sensitif dari Dove

Masalah Siklus Menstruasi Perempuan Berdasar Kelompok Usia

  1. Diskusikan dengan Wali Kelas

Di awal tahun pelajaran, diskusikan terlebih dahulu dengan wali kelas atau gurunya tentang tujuan tugas sekolah. Apalah untuk mempersiapkan pelajaran keesokan harinya, membuat anak terlibat dalam pelajaran, atau untuk menguji kemampuan. Penjelasan guru akan menentukan cara orang tua turun tangan dalam kegiatan belajar ini.

  1. Buat Jadwal Rutin

Jadwal rutin mengerjakan tugas sekolah harus disesuaikan dengan preferensi anak. Misalnya ada anak yang dengan sangat mudah mengerjakannya tepat setelah pulang sekolah, sebelum hilang konsentrasi, atau ada anak yang harus makan malam dahulu. Temukan yang pas dan jadikan rutinitas.

  1. Sediakan Ruang Belajar

Tak perlu kamar khusus, berbagi kamar pun tak masalah asal ada ruangan yang dirancang khusus terdiri dari meja belajar dan kursi yang nyaman. Pastikan terang lampu cukup, dan dekorasi bentuknya agar menarik.

  1. Matikan Gadget

Semua gadget dan televisi wajib dimatikan saat anak sedang mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, sebagai orang tua juga harus bisa menahan diri tidak memainkan HP di sekitar anak yang sedang mengerjakan tugas sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here