Mengenal Kondisi Mirror Syndrome yang Dialami Janin Irish Bella

0
828
Ibu Hamil. Itjeher.com
Ibu Hamil. Itjeher.com

Berita meninggalnya janin bayi kembar pada artis Irish Bella membuat banyak orang terkejut. Ia mengalami kelahiran mati (stillbirth) pada bayi kembarnya di usia kehamilan yang masuk pada bulan ke-enam. Hal tersebut dikabarkan karena kondisi bayi yang mengalami mirror syndrome, dan twin-to-twin transfussion syndrome. Apakah itu?

Mirror syndrome sendiri merupakan kondisi langka pada kehamilan dimana sang ibu memiliki cairan berlebih yang tidak normal, menyebabkan ibu mengalami preeklampsia atau tekanan darah tinggi.
BACA JUGA:

Yang Harus Dilakukan Ketika Hamil Anak Kembar

Saksikan Will Smith Versi Muda di Gemini Man

Mirror syndrome ditandai dengan gejala berupa pembengkakan pada bagian tubuh, tekanan darah tinggi, dan penambahan berat badan yang berlebihan dalam waktu cepat. Hasil uji label tes urine juga bakal menunjukkan terdapat protein dalam urine.

Penyebab terjadinya sindrom ini belum diketahui pasti hingga saat ini. Tapi pada beberapa kasus hal ini dikaitkan dengan hidrops janin dimana kondisi cairan meninggalkan aliran darah dan menumpuk di jaringan janin. Kelebihan cairan ini yang kemudian membuat janin dan kondisi ibu mengalami infeksi, sindrom genetik, hingga masalah jantung dan gangguan metabolisme.

Dalam kehamilan anak kembar, hidrops janin bisa disebabkan oleh twin-to-twin transfussion syndrome. Ini terjadi pada bayi kembar yang berada di dalam satu plasenta dimana terdapat koneksi yang tidak normal antara pembuluh darah, sehingga aliran darah pada bayi satu mengalir ke bayi yang lain.

Kondisi ini yang terkait bisa memicu mirror syndrome sehingga terjadi komplikasi seperti preeklamsia dan lainnya. Menurut ahli, kondisi seperti ini harus segera ditangani oleh dokter ahli sehingga ibu dan bayi bisa selamat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here