6 Hal Penting agar Percaya Diri pada Saat Wawancara Kerja

0
357

Semua orang butuh rasa percaya diri agar mantap melangkah, mengambil keputusan, dan bertindak di depan umum. Kepercayaan diri harus terus dipupuk dengan cara selalu berpikir positif bahwa kamu dapat melakukannya. Khususnya pada saat kamu akan melakukan wawancara kerja di perusahaan yang sangat kamu inginkan.

Berikut 6 hal penting yang musti kamu lakukan, agar maksimal pada saat bertemu dengan calon atasan atau HRD.

  1. Berhenti Membandingkan, Tonjolkan Kelebihan Kamu

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan, itulah sebabnya tak boleh saling membandingkan. Apa yang dilihat pada diri seseorang belum tentu nyata. Melakukan perbandingan bukan cara tepat mengukur tingkat kesuksesan yang telah berhasil digapai.

  1. Catat Prestasi dan Evaluasi Setiap Kesuksesan

Ingat kembali dan catat semua tujuan yang berhasil digapai selama ini, entah itu besar atau kecil. Meskipun sepele, cara ini justru bantu menilai kemampuan pribadi dalam sudut pandang positif, dengan begitu kamu akan mampu mengejar tujuan selanjutnya yang lebih realistis atau mudah diselesaikan tanpa gagal lagi.

  1. Lakukan Penelitian

Telitilah organisasi atau perusahaan yang akan dimasuki. Kenali produk mereka, apa yang mereka lakukan, dan siapa pesaing mereka. Selain itu, kamu juga harus meneliti orang-orang yang akan mewawancarai kamu. Lihat profil LinkedIn mereka dan belajar tentang peran mereka dalam perusahaan. Pengetahuan adalah kekuatan. Semakin banyak kamu tahu, semakin percaya diri kamu akan dalam menanggapi pertanyaan mereka.

BACA JUGA :

Jolene Marie Cholock Rotinsulu berhasil Masuk 8 Besar di Miss International 2019

Apakah Zodiak Kamu yang Termasuk Memiliki Sifat Percaya Diri ?

  1. Banyak Berlatih

Jangan menghafal jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang mungkin muncul. Tetapi buat poin penting dari pikiran yang ingin disampaikan. Ingat, practice makes prepared, lakukan praktek atau simulasi wawancara.  Dan berlatihlah untuk memastikan suara kamu tidak gemetar. Lakukan di depan cermin untuk mensetel postur tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata.

  1. Kenakan Pakaian dengan Nyaman

Cara berpakaian seseorang sangat dipengaruhi karakter diri dan penilaian orang lain. Sebenarnya tak perlu pakaian mahal dengan merek mentereng untuk tampil percaya diri, cukup pilih busana yang pas di badan, sesuai kondisi dan pantas. Dan yang penting lagi, jangan takut pada warna tertentu.

  1. Perbaiki Postur Tubuh

Seseorang dengan tingkat kepercayaan diri rendah kerap memperlihatkan postur tubuh tak sedap dipandang. Oleh karena itu, mulai sekarang perbaiki postur tubuh dan juga cara berjalan anda sambil kepala menatap ke depan, badan tegap dan dada busung. Postur tubuh sempurna merupakan cara cepat untuk mendongkrak rasa percaya diri.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here