5 Cara Menghadapi Toxic People di Lingkungan Kerja !

0
293

Kini di lingkungan sekitar, ada 1 sebutan baru yang cukup terkenal. Yaitu Toxic People. Alias orang-orang yang “beracun”  dan memiliki jenis pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional.

Ciri-cirinya adalah hanya mau senangnya saja (mereka tidak ada buat kamu saat kamu membutuhkannya,  tidak berempati atau bersimpati (orang yang tidak bisa mengerti dan memahami kondisi orang lain), suka mengontrol dan memanipulasi orang lain, tidak mau mengakui kesalahan atau minta maaf serta suka merendahkan atau meremehkan orang lain.

Apakah ada teman kerja kamu yang memiliki ciri diatas ? bila ada, berikut solusinya :

  1. Tak terlibat dalam obrolan negatif

Membicarakan hal-hal yang negatif akan merugikan diri sendiri. Karena, akan masuk ke alam bawah sadar yang akan sukit ditarik  lagi. Jadi, menghindari dan menjauhkan diri dari mereka adalah cara terbaik.

  1. Respon dengan senyuman

Orang beracun perilakunya sangat tidak rasional. Jadi, tak perluh meresponnya secara emosional dan terhanyut dalam ucapan nyinyirnya. Ketika kamu berhadapan dengan rekan kerja yang menularkan virus negatif, kebanyakan orang sukses hanya menanggapinya dengan senyuman atau anggukan.

  1. Usahakan tetap tenang dan rasional

Toxic people dapat dengan mudah “memancing” emosi kamu. Dan tidak jarang memang hal itulah yang mereka inginkan. Usahakan untuk tetap berkepala dingin saat menghadapi mereka. Ini akan membuat kamu tidak mudah terpengaruh dengan mereka.

BACA JUGA :

6 Hal Penting agar Percaya Diri pada Saat Wawancara Kerja

Motorola RAZR Lama Rilis Lagi dalam Versi Baru yang Canggih

  1. Jangan Mudah Percaya

Toxic people tidak mau mengatakan maaf, namun apabila ia, sering kali mereka tidak ragu untuk mengulangi kesalahan yang sama. Kamu boleh menjadi seseorang yang pemaaf. Akan tetapi, penting untuk selalu mengingat siapa yang dapat dan tidak dapat dipercaya. Jadi, jangan ragu untuk memasukan si toxic dalam daftar orang-orang yang tidak boleh kamu percaya, atau bahkan hingga memutuskan hubungan dengannya.

  1. Jangan Mau Kalah

Kamu pasti tahu waktu yang tepat untuk bersikap tidak mau mengalah. Sikap seperti ini dapat diterapkan ketika menghadapi toxic people. Mereka memang dapat dengan mudah menjatuhkan semangat kamu lewat sikap kasar dan komentar yang terlampau “pedas”. Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui, pendapat para toxic people tidak perlu terlalu dipusingkan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here