Siapkan Kacamata Khusus untuk Saksikan Gerhana Matahari Cincin

0
184
Foto : Pexels Itjeher.com
Foto : Pexels Itjeher.com

Sebuah fenomena alam langka kembali dapat disaksikan di Indonesia. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari cincin akan terjadi pada 26 Desember 2019.

Peristiwa gerhana matahari cincin dapat terlihat karena posisi matahari, bulan dan bumi berada dalam posisi segaris. Ini menjadikan matahari selama beberapa waktu tertutupi bulan yang berukuran lebih kecil, sehingga setiap bagian sisi yang tak tertutupi akan tetap terlihat cahayanya membentuk cincin.

Tak seluruh daerah di Indonesia mendapat sudut pandang yang tepat untuk melihat bentuk cincin, beberapa hanya dapat menyaksikan bentuk gerhana biasa. Daerah yang mendapat keistimewaan untuk menikmatinya adalah Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, hingga Kabupaten Singkawang di Kalimantan Barat.

BACA JUGA :

Tiga Zodiak yang Paling Tidak Suka Diatur-Atur

EXO Akan Meriahkan HUT Transmedia ke 18

Kolaborasi Seru Dear Me Beauty Dengan Penyedap Makanan, Sasa

Bagi yang ingin menyaksikan gerhana matahari cincin ini, ingat untuk tidak melihatnya secara langsung dengan mata telanjang, begitupun jika melihat lewat teropong binocular atau teleskop tanpa filter khusus karena dapat menyebabkan kerusakan mata permanen bahkan kebutaan. Gunakan kacamata khusus gerhana matahari yang dilengkapi dengan lensa berupa plastik film dengan filter dan optical density 5. Material ini akan berfungsi menjadi filter bagi semua cahaya spectrum UV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here