Harry Dan Meghan Markle Tak Boleh Tinggal di Kanada

0
305
Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sumber foto: Kensington Palace. Itjeher.com

Keluarnya Harry dan Meghan Markle dari kerajaan Inggris, membuat banyak orang berspekulasi kemana keluarga tersebut akan tinggal. Banyak orang yang mengira mereka akan tinggal di Kanada, karena Meghan langsung berangkat ke negara tersebut usai keluar dari anggota kerajaan.

Namun koran di Kanada menyebut bahwa keluarga kerajaan Inggris termasuk Harry dan Meghan Markle tak bisa menetap di Kanada.

BACA JUGA:

Warna Pelangi Smartphone Samsung Milik Jennie Blackpink

Dokter Dolittle Kembali Lagi dalam Versi Lebih Nyata

Dalam artikel tersebut menulis bahwa Justin Trudeau selaku pemimpin pemerintahan Kanada seharus menolak rencana Harry dan Meghan Markle untuk tinggal di sana. Pasangan tersebut bisa saja tinggal sebagai kunjungan di Kanada, namun tidak bisa menetap.

Kanada merupakan negara persemakmuran yang mengakui Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Tak hanya Kanada, negara persemakmuran Inggris lainnya adalah Australia, New Zealend, hingga Jamaika.

Menurut tulisan dari media setempat, sistem monarki yang unik di Kanada, memiliki sistem konstutisional yang penting. “Artinya, tempat tinggal anggota kerajaan – pangeran (Harry-red) berada di garis keenam pewaris kerajaan- bukanlah sesuatu yang dapat diizinkan di Kanada. Ini melanggar konstitusional yang tidak dibicarakan”.

“Kanada menerima orang dari keyakinan apapun, bangsa dan ras manapun. Tapi kalau kalian adalah anggota senior keluarga kerajaan kami, negara ini tidak bisa menjadi rumah kalian,” tegas koran tersebut.

Sebelumnya Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disebut sudah berjanji pada Ratu bahwa Kanada akan membantu mendanai pengamanan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Justin Trudeau juga menjamin keamanan Duke dan Duchess of Sussex, beserta anak mereka Archie, selama tinggal di negaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here