Foto : Pexels.com Itjeher.com
Foto : Pexels.com Itjeher.com

Atasi Kulit Kering Karena Terlalu Banyak Mencuci Tangan

Tips praktis yang mudah dilakukan

Pesan kewajiban mencuci tangan di tengah isu penyebaran COVID-19 jadi hal yang paling sering didengar sehari-hari. Apalagi di Indonesia yang masih menjalani kebijakan di tahap social distancing. Artinya masih banyak yang berada di luar rumah dan berpotensi terpapar virus yang belum ditemukan vaksinnya ini.

World Healt Organization (WHO) bahkan telah mengeluarkan anjuran untuk selalu mencuci tangan selama 20 detik dengan air yang mengalir dan sabun demi menghalau virus COVID-19 yang mungkin menempel di permukaan kulit.

Namun mencuci tangan terlalu sering ternyata menimbulkan masalah kulit yang baru, yaitu kulit terasa gatal, kemerahan bahkan mengalami iritasi karena kondisinya terlalu kering.

Ketika mencuci tangan dengan sabun, minyak alami yang ada di kulit akan ikut terangkat, tangan jadi terasa kesat dan kering. Tak heran jika timbul berbagai penyakit seperti eczema dan ruam kulit. Ruam ini tentu wajib diberi perawatan agar tidak berubah jadi infeksi.

Sebagai solusinya, selain membawa sabun cuci tangan yang dipindahkan ke botol travel kecil yang mudah dibawa-bawa, jangan lupa juga membawa lotion atau hand cream sebagai pasangannya.

Pilih yang memiliki formula hypoallergenic dan dapat digunakan oleh kulit sensitif. Rutinitas menggunakan lotion ampuh mengembalikan kelembapan kulit. Sehingga tak perlu takut lagi kulit rusak hanya karena terlalu sering mencuci tangan.

More Stories
Manfaat Charcoal untuk Kecantikan