Waspadai Gejala Difteri yang Seperti Penyakit Biasa

0
1403

Gejala difteri wajib diwaspadai dari awal penularan, mengingat yang mengidap penyakit ini akan menunjukkan tanda-tanda yang mungkin dianggap biasa.

Jangan anggap enteng jika melihat orang di sekitar, atau diri kamu sendiri mengalami gejala-gejala seperti ini!
  1. Tanda-tanda menyerupai pilek

Ketika mengalami sakit tenggorokan, batuk kering dan hidung beringus, waspadai virus dari penyakit difteri masuk ke tubuh. Seperti virus flu, pada penyakit ini bakteri juga masuk ke tubuh lewat percikan udara ketika seseorang batuk, bersin, atau bahkan berbicara.

  1. Sakit tenggorokan

Ketika suara menjadi serak, dan terdapat pembengkakan kelenjar pada leher, segera periksa apakah di tenggorokan terdapat selaput tebal berwarna abu-abu atau putih. Pada penderita difteri ada gejala khas berupa warna abu-abu atau putih, tidak seperti pada amandel yang hanya membengkak saja.

  1. Seperti demam

Pengidap penyakit difteri tidak akan terserang demam yang terlalu tinggi, namun hanya hangat biasa. Ketika kuman masuk ke dalam tubuh, ada masa awal yaitu masa inkubasi ketika demam berlangsung tidak terlalu tinggi sekitar 48 jam, sebelum virus lama-lama menyebar menurunkan imunitas tubuh.

  1. Beda dengan penyakit saluran pernafasan

Penderita difteri akan merasa sesak nafas dan perasaan yang tidak nyaman. Walau klinisnya sama dengan sakit saluran pernafasan lain, yang harus diwaspadai adalah selaput putih keabuan bernama pseudimembran di pangkal tenggorokan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here