Mencegah Munculnya Jerawat di Punggung

0
837
Cara menghilangkan jerawat di punggung. Itjeher.com

Munculnya jerawat di punggung memang hal yang membuat tidak nyaman. Memang, jerawat bisa muncul dimana saja selama kita memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut.

Seperti wajah, punggung juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum dan minyak. Perpaduan sebum dengan sel kulit mati dan bakteri ini yang biasanya menyumbat pori-pori di punggung dan menghasilkan jerawat.

Bagaimana mencegah tumbuhnya jerawat di punggung? Berikut beberapa cara yang dapat dicoba.

  • Sehabis melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat, langsung bersihkan tubuh dengan mandi.
  • Gosok dan bersihkan punggung dengan pembersih yang memang diperuntukkan untuk kulit yang rentan berjerawat. Kemudian setelah kulit bersih dan kering, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida pada area punggung yang berjerawat.
  • Hindarilah memakai tas punggung, karena karena tas jenis ini juga bisa memicu timbulnya jerawat.
  • Gunakan baju dari kain berserat alami atau kain yang bisa menjaga kulit sehingga tidak lembab.
  • Hindarilah obat-obatan tertentu yang bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Beberapa obat yang mengandung androgen dan lithium bisa menyebabkan jerawat.
  • Rutin mengganti seprai juga bisa mencegah punggung dan bagian tubuh lain terkena jerawat. Ganti seprai secara rutin dan sering. Karena semakin lama diganti, semakin banyak sebum dan sel kulit mati yang menumpuk di sana. Gunakan seprai berbahan nyaman seperti katun untuk menghindari jerawat di punggung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here