Aturan Diet Penderita Asam Urat

0
914
asam urat. Itjeher.com

Kolesterol tinggi cenderung merujuk pada penyakit asam urat. Karena itu, amat penting untuk menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi, agar jumlah kolesterol pada darah tidak melebihi batas normal.

Asam urat adalah radang sendi yang biasanya menyebabkan sendi atau jempol kaki terasa nyeri, perih, kaku, dan bengkak. Hal ini disebabkan karena penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah.

Menurut ahli, penyakit ini berhubungan dengan masalah metabolisme tubuh, salah satunya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit ini.

Salah satu cara menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil adalah pola hidup sehat, makan sesuai anjuran, dan berolahraga secara teratur. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari ketika kamu didiagnosa penyakit yang satu ini.

Jeroan

Rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, dan lain sebagainya memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan  kadar asam urat. Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.

Makanan Laut

Seafood alias makanan laut seperti ikan teri, sarden, makarel, tuna, dan kerang. Mengapa? Makanan tersebut mengandung purin yang tinggi.

Daging

Penderita penyakit ini disarankan untuk membatasi asupan daging, Berbagai jenis daging, terutama daging merah, karena memiliki jumlah kandungan purin dan kolesterol yang tinggi. Disarankan untuk mengonsumsi daging putih seperti daging ayam atau kalkun.

Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bir, dianggap dapat meningkatkan produksi asam urat hingga menyebabkan serangan berulang-ulang. Selain itu, bir juga membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here