Makanan Penyebab Rasa Kantuk

0
945

Selama beraktivitas kita memang selalu memerlukan energi, tetapi kita juga perlu tahu makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi sebelum menjalani aktivitas sehari-hari. Karena ternyata, rasa kantuk itu tidak hanya disebabkan karena kurang tidur atau kelelahan. Makanan yang kamu konsumsi sehari-hari juga bisa jadi penyebab kantuk. Yuk simak makanan apa saja yang dapat membuat kamu mudah terlelap.

1. Mengandung Susu

Susu biasanya dikenal sebagai minuman penguat tulang dan gigi karena kandungan kalsium yang dimilikinya. Namun, kalsium yang merupakan salah satu sumber mineral pada tubuh, membantu mempoduksi melatonin yang dapat membuat kita tidur secara teratur. Bahkan susu kedelai terbukti dapat membantu mengatasi insomnia. Semua produk turunan susu yang berkalsium seperti yogurt dan keju juga mudah membuat kamu terlelap. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung susu terlalu berlebihan di pagi hari.

 

2. Biji Almond

Almond (Prunus dulcis) merupakan tanaman asli Timur Tengah, buahnya sebenarnya bukan merupakan kacang, namun merupakan buah berbiji yang terdiri dari kulit luar yang dibungkus cangkang keras. Namun kebanyakan dari kita menyebutnya dengan kacang almond. Biji ini kaya akan vitamin E, tryptophan dan asam amino yang memproduksi melatonin sebagai “hormon tidur”. Selain itu, kacang-kacangan ini juga mengandung magnesium yang dapat meregangkan otot dan membuat tubuh terasa relaks.

3. Kacang Kenari

Salah satu kacang – kacangan ini memang memiliki bentuk yang kecil, tetapi siapa yang menyangka didalamya memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Kenari mengandung tryptophan lebih sedikit dari almond, namun kacang ini sebagai sumber melatonin yang tinggi. Selain itu, Mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk melindungi sel – sel dalam tubuh dari radikal bebas.

 

4. Nasi Putih

Kandungan karbohidrat dan air didalamnya, menjadi sumber tenaga yang mudah diserap oleh tubuh. Namun, nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat menyebabkan kantuk 3 hingga 4 jam setelah kamu selesai makan. Bahkan sudah diteliti oleh para ahli, bahwa nasi putih bisa membuatmu tidur lebih cepat daripada jenis beras lainnya.

 

5. Buah Pisang

Buah yang satu ini memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membuat saraf serta otot lebih tenang. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam pisang juga akan membuat triptofan berubah menjadi serotonin sehingga tubuh yang tegang akan berubah menjadi lebih santai. Oleh karena itu dengan memakan buah pisang, kamupun akan mengantuk seketika.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here