Kapan Waktu Ideal untuk Mengajak Bayi Berenang?

0
160
bayi berenang. Itjeher.com

Melihat bayi berenang adalah hal yang lucu dan seru, tapi ketika hal tersebut diterapkan pada anak sendiri, pasti ada rasa ragu-ragu dalam hati. Hal ini memang wajar, apalagi di dalam kolam renang tinggi kadar kaporit yang tidak baik bagi kesehatan bayi.

Padahal, berenang dapat membuat bayi tidak takut air, dan dapat mengasah kemandirian, keberanian, dan rasa percaya diri. Selain itu, berenang juga mengasah kemampuan bersosialisasi dengan orang lain, serta melatih perkembangan motorik, kardio, dan pernapasan bayi.

Penelitian yang dilakukan di Norwegia juga menemukan bahwa bayi yang diajarkan berenang sejak dini memiliki kemampuan keseimbangan fisik serta koordinasi tubuh yang lebih baik. Jadi, kapan sebenarnya waktu yang ideal untuk mengajak bayi berenang?

Sebenarnya tidak ada batasan usia baku kapan bayi boleh berenang, Namun, para ahli menganjurkan untuk mengajak bayi berenang saat bayi sudah bisa menegakkan dan mengontrol leher dan kepalanya, serta sudah memasuki posisi duduk saat digendong. Fase itu biasanya ditemui di umur sekitar 4 bulan.

Kamu tidak perlu menunggu imunisasi lengkap untuk membawa bayi ke kolam. Yang paling penting, pastikan bayi dalam keadaan sehat dan fit, tidak memiliki kelainan bawaan, seperti jantung bocor. Sebaiknya, mengajak bayi untuk berenang dilakukan maksimal satu minggu sekali dengan durasi sekitar 20-30 menit. Pilih waktu sekitar pukul 08.00-09.00 atau 15.00-18.00 dimana air kolam tidak terlalu dingin dan matahari tidak terlalu terik. Jangan lupa untuk memastikan bayi tidak lapar, atau terlalu kenyang, serta bayi berenang tidak pada waktu ia tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here