Teh Putih Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

0
1295

Teh putih adalah jenis teh yang didapat dari tanaman yang sama dengan teh hijau, hanya saja teh putih didapat dari jenis yang berbeda. Teh putih adalah pucuk daun teh yang dikeringkan seusai dipetik tanpa disangrai maupun dioksidasi. Seperti halnya teh hijau, teh oolong dan teh hitam, teh putih berasal dari tanaman Camellia sinensis.

Mengandung antioksidan tiga kali lipat lebih banyak dari jenis teh lainnya. Lebih sedikit mengandung kafein. Teh putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu, teh putih juga mempunyai sifat anti bakterial yang dapat mencegah sel kanker tumbuh dalam tubuh kita.

BACA JUGA :

Coffee Latte dengan Gula Jawa di Onthree Coffee Shop 

Mencoba Cokelat Kokoa yang Kaya Nutrisi

Ciri khas utama dari teh jenis ini memiliki rasa yang ringan dan manis, serta tidak menghasilkan aroma rerumputan seperti pada beberapa jenis teh hijau. Sayangnya tanaman ini sangat jarang.

Daerah penghasil utama teh putih ada di Tiongkok, yaitu di Provinsi Fujian. Proses panennya pun tidak bisa sembarangan karena daun-daun teh tersebut hanya dapat dipetik dalam tiga hari selama setahun, yaitu pada awal musim semi.

Berikut cara menghidangkan Teh Putih :

  • Pilih air yang benar-benar jernih. Panaskan air pada suhu mendekati mendidih. Jika air telanjur mendidih, diamkan dahulu selama 5-8 menit agar suhunya berkurang. Teh putih yang diseduh dengan air mendidih akan terasa pahit.
  • Masukkan serbuk atau daun teh putih ke dalam teko dengan takaran dua sendok teh per cangkir. Tuang air yang sudah dipanaskan tadi.
  • Diamkan selama 1-3 menit atau 7-10 menit, tergantung kepada rasa teh yang kamu inginkan.
  • Teh putih siap dihidangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here