Tips Ibu Menyusui Agar Payudara Tidak Sakit

0
1136
Tips Ibu Menyusui itjeher.com

Jika payudara terasa sakit, maka perlu tips ibu menyusui yang tepat untuk dilakukan sang ibu baru. Rasa sakit di payudara memang seringkali diceritakan sebagai masalah yang datang kemudian setelah melewati rangkaian persalinan. Padahal jika menguasai proses ini, rasa sakit itu tak seperti yang dikatakan kebanyakan orang. Sebaliknya, kamu akan bisa menikmatinya.

Ini dia tips ibu menyusui yang wajib diperhatikan!

  1. Bantu bayi

Untuk mencegah puting terasa perih, pastikan bayi tidak hanya menghisap bagian puting saja. Tempatkan puting secara asimetris ke mulut bayi sehingga ketika mulutnya mengatup akan mengenai bagian areola juga. Jika belum berhasil, ulangi proses ini.

BACA JUGA :

Fakta Ini Bisa Selamatkan Kamu dari Kanker Ovarium

Manfaat Yoga Untuk Anak Kecil

Siklus Menstruasi Tidak Teratur Bisa Karena Penyakit Ini

  1. Istirahat sebentar

Jika ingin ganti posisi atau ganti payudara lepaskan hisapan mulut bayi perlahan dengan menyelipkan jari yang bersih di antara gusi bayi. Jangan langsung melepas kepala bayi tiba-tiba, tunggu terdengar suara terlepas sebelumnya.

  1. Kosongkan payudara

Jika kelenjar payudara penuh air susu, payudara akan terasa kencang. Kosongkan payudara sesering mungkin, dalam seminggu tubuh akan menyesuaikan produksi susu dengan kebutuhan bayi. Ingat payudara sebelah mana dulu yang akan diberikan pada bayi.

  1. Lembabkan puting yang kering

Memiijat menggunakan beberapa tetes ASI di atas payudara yang kering akan mempercepat penyembuhan.

  1. Hangatkan

Jika ASI terasa mampet, biasanya karena ASI yang harusnya keluar tidak terpakai. Bisa menyebabkan bagian perih di payudara. Coba tips ibu menyusui yang sering terlewat yaitu dengan mandi air hangat atau kompres dengan handuk yang direndam air hangat untuk membuatnya kembali lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here