Manfaat Bermain Catur untuk Si Kecil

0
986
Manfaat bermain catur. Itjeher.com

Permainan catur adalah jenis olahraga atau permainan yang sudah banyak ditinggalkan orang banyak. Keberadaannya kini sudah kalah populer dengan beragam olahraga yang lebih menantang, dan games-games yang lebih canggih.

Padahal. Permainan yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa, apalagi untuk kecerdasan otak si kecil. Dengan bermain, seluruh otot di wilayah otak ikut bekerja.

Berikut beberapa manfaat yang bisa dipetik buah hati dengan bermain catur.

Nilai akademik meningkat
Pakar psikologi pendidikan di New York menemukan, siswa sekolah dasar di Los Angeles dan New York yang bermain catur mendapatkan nilai sekolah 10 persen lebih tinggi dibanding teman-teman sebayanya yang tidak bermain.

Menyusun strategi
Permainan ini berhubungan kental dengan teknik dan strategi untuk bertahan, melumpuhkan lawan, dan tahu kapan saat harus menyerang. Karena itu, permainan ini amat baik untuk membantu anak untuk belajar pentingnya kejelian dan merumuskan langkah untuk masa depan.

BACA JUGA:

Bahaya Serbuan Iklan Diantara Tontonan Anak

Manfaat Yoga untuk Anak Kecil

Cara Membesarkan Anak yang Bahagia

Berlatih mengendalikan diri
Salah satu bagian otak yang berkembang pada masa remaja adalah korteks prefrontal, bagian yang bertanggung jawab pada pengendalian diri. Perkembangan korteks prefrontal sangat dipengaruhi oleh aktivitas berpikir yang strategis dan kritis seperti pada permainan catur. Karena itu, anak yang melakukan permainan ini, ketika dewasa akan memiliki pengendalian diri yang baik.

Meningkatkan IQ
Studi ilmiah pada 4000 pelajar di Venezuela menemukan kenaikan skor IQ yang signifikan setelah mereka mendapat instruksi untuk bermain catur selama empat bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here