Tips Menghilangkan Stres, Coba Makanan ini !

0
885

Pada saat stres, hormon kortisol meningkat tajam dan kadang menimbulkan rasa ingin makan makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Dan tentunya dapat membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu apabila terlalu banyak mengonsumsi gula .

Namun jangan khawatir, 5 makanan dibawah ini dapat membuat kamu merasa aman dan nyaman. Karena selain rasanya yang lezat juga sehat untuk tubuh. Otomatis stres pun akan berkurang kan !

  1. Berry

Berry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antosianin pada blueberry dan stroberi khususnya bermanfaat menajamkan kognitif otak sekaligus dapat melindungi jantung. Buah-buahan keluarga berry ini termasuk raspberry, blackberry, hingga bahkan tomat, pisang, dan semangka yang mengandung tinggi vitamin C dan mampu melawan stres. Kamu bisa menjadikan buah berry sarapan di pagi hari dengan cara menambahkannya pada yogurt, sereal, atau bubur oatmeal.

  1. Jeruk

Jeruk adalah gudangnya vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat yang jauh melampaui sekadar meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini sudah terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres. Kadar vitamin C paling tinggi dalam tubuh ditemukan secara alami di kelenjar adrenalin, dan penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh. Itulah sebabnya orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi tidak menunjukkan tanda stres mental dan fisik yang diharapkan saat mengalami tantangan psikologis akut. Terlebih lagi, mereka dilaporkan bisa lebih cepat bangkit kembali dari situasi stres daripada orang dengan kadar vitamin C rendah dalam darah mereka.

BACA JUGA :

Pilihan Jus Diet untuk Mengecilkan Perut

Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh

  1. Oatmeal

Karbohidrat kompleks dari oatmeal membantu otak membuat serotonin, hormon mood baik. Serotonin tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga menciptakan rasa menenangkan yang membantu mengatasi stres. Bahkan, studi telah menunjukkan bahwa anak-anak yang sarapan pagi dengan oatmeal menunjukkan performa belajar yang lebih tajam sepanjang pagi. Selain itu, beta-glukan, jenis serat larut yang ditemukan di oatmeal, dilaporkan dapat membuat kamu kenyang lebih lama daripada biji-bijian lainnya.

  1. Yogurt

Tak banyak yang tahu bahwa stres sedikit banyak bisa dipicu oleh bakteri jahat yang bermukim di dalam perut. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak juga mengirimkan sinyal menuju usus, yang menjadi alasan mengapa stres dapat mengobarkan gejala gangguan pencernaan. Salah satu caranya adalah mengonsumsi yogurt yang juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein dan kalsium.

  1. Dark Chocolate

Penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol. Dark chocolate, khususnya, diketahui menurunkan tekanan darah yang memicu perasaan tenang. Cokelat hitam ini juga mengandung lebih banyak polifenol dan flavonol yang merupakan dua jenis antioksidan penting, daripada beberapa jus buah. Kamu boleh-boleh saja ngemil beberapa bongkah dark chocolate dengan aman sebagai camilan seminggu sekali, tanpa harus mengkhawatirkan penambahan berat badan terlalu drastis.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here