Bahaya Asap Rokok Bagi Orang di Sekitar

0
1251
Bahaya Asap Rokok. Itjeher.com

Bahaya asap rokok bagi para perokok pasif ternyata tidak bisa disepelekan. Saat seseorang merokok, sebagian besar asap tidak masuk ke paru-paru perokok, namun dilepas ke udara. Asap yang di udara ini yang biasanya dihirup oleh perokok pasif.

Meski tidak secara langsung merokok, perokok pasif bisa turut terkena dampak buruknya juga. Makin sering seseorang terpapar asap rokok, makin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang dialaminya.

Asap rokok yang dihembuskan di udara, tidak hilang begitu saja. Asap ini dapat bertahan di udara hingga 2,5 jam. Asap rokok akan tetap ada meski tidak terdeteksi oleh indera penciuman maupun penglihatan. Hal ini juga berlaku di tempat tertutup yang tidak luas, seperti di dalam mobil. Bahkan, asap rokok bisa menempel dalam jumlah besar meskipun orang tersebut telah berhenti merokok.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat lebih dari 7 juta kematian terjadi akibat penyakit yang ditimbulkan oleh asap rokok tiap tahun. Sekitar 890.000 kasus kematian tersebut terjadi di tubuh perokok pasif di seluruh dunia.

BACA JUGA:

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

5 Rahasia Dibalik pernikahan Putri Marino dan Chicco Jerikho

Tradisi Menanam Ari-Ari seperti Cucu SBY

Asap dari tembakau mengandung sekitar 4000 bahan kimia dan lebih dari 50 di antaranya telah dikaitkan dengan kanker. Karena itu, efek buruknya dapat memberikan efek jangka panjang dan jangka pendek.

Jika seseorang terus-menerus menghirup asap rokok secara pasif, dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terserang kanker paru-paru sebanyak 25 persen. Selain itu, perokok pasif juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, dan gagal jantung dari bahaya asap rokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here