Pilihan Sehat Diet Vegan untuk Penderita Diabetes

0
970
Diet Vegan. Itjeher.com

Banyak opsi menjalani diet yang populer akhir-akhir ini, salah satunya yaitu diet vegan. Diet yang satu ini dikabarkan paling aman dijalani penderita diabetes melitus, karena berisiko paling rendah.

Vegan adalah sebuah gaya hidup dimana seseorang tidak mengonsumsi produk hewani, termasuk susu dan juga telur.

Diet terbagi dalam beberapa tipe, diet yang tidak mengonsumsi daging memiliki risiko 1, sedang diet semi-vegetarian memiliki risiko 0.72. Diet pescovegetarian dimana masih mengonsumsi ikan sekitar 0.49, sedangkat diet yang masih mengonsumsi susu dan telur sebesar 0.39, dan diet vegan hanya 0,22. Karena itu, diet jenis ini memiliki risiko paling rendah untuk penderita diabetes.

Pada sebuah penelitian, sebanyak 20 pasien diabetes melitus tipe II diberi asupan sayuran, buah, padi-padian utuh, kacang-kacangan, dengan kadar lemak yang sangat sedikit. Hasilnya, lebih dari separuh peserta yang berhenti menggunakan insulin.

Dalam waktu 16 hari, lebih dari 5 persen pasien berhenti memakai insulin, serta kadar gula darah dalam tubuh mereka lebih rendah dari sebelum riset dilakukan. Sedangkan sisanya pasien yang masih memakai insulin mengenakan dosis insulin yang turun drastis.

BACA JUGA:

Manfaat Minyak Zaitun Dicampur Cuka Apel Untuk Diet

Diet Biji-Bijian untuk Tubuh Singset Langsing

Sstt.. Ini Efek Buruk dari Bergosip

Selain penelitian di atas, terdapat penelitian pula terhadap 197 pria yang menjalani diet vegan disertai dengan olah raga teratur selama tiga minggu. Hasilnya, 140 peserta berhenti menggunakan obat-obatan yang biasa mereka pakai. Maka, efek diet ini juga memperbaiki kondisi kesehatan seseorang.

Maka itu bagi kamu yang ingin menjalani diet sehat, diet ini tampaknya wajib dicoba. Namun perlu diingat, sebelum menjalani diet vegan sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi berpengalaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here