Kesalahan yang Dilakukan Saat Gosok Gigi

0
1029
Gosok Gigi. Itjeher.com

Gosok gigi adalah sebuah ritual yang menjadi kewajiban sehari-hari. Sepertinya tak lengkap mandi jika belum menggosok gigi. Ritual ini berguna untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan yang terdapat di gigi dan rongga mulut.

Namun tahukah kamu masih banyak kesalahan yang dilakukan saat menggosok gigi? Kesalahan ini justru bisa memicu kotoran semakin menumpuk di dalam mulut.

Apa saja kesalahan tersebut? Berikut penjelasannya.

Menyikat bolak-balik

Menyikat gigi dengan arah bolak-balik juga sering dilakukan. Menyikat yang benar dilakukan dengan cara memulai dari gusi ke arah gigi. Banyak yang melakukan sikatan bolak-balik. Ini justru membuat sisa makanan tidak terbuang. Selalu mulai dari arah gusi supaya gigi juga tidak menjadi sensitif.

Pasta gigi tidak mengandung flouride

Kesalahan lain dalam menyikat gigi adalah menggunakan odol yang tidak mengandung flouride. Zat ini penting untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah dari gigi berlubang. Kandungan fluoride dapat diketahui dari label pada kemasan pasta gigi.

Menggosok gigi setelah bangun tidur

Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah gosok gigi di pagi hari setelah bangun tidur atau saat mandi. Menurut ahli, menyikat gigi yang benar dilakukan setelah sarapan agar gigi tetap bersih ketika beraktivitas. Bila sarapan makanan yang mengandung asam, beri jeda 30 menit sebelum menggosok gigi agar kandungan email pada gigi tidak luruh.

Melupakan lidah

Lidah juga merupakan bagian penting dari rongga mulut. Namun, banyak yang lupa untuk membersihkan lidah. Di lidah sisa makanan juga dapat bersarang dan membentuk jamur. Oleh karena itu, setelah gosok gigi, sapu lidah dengan lembut untuk membuang kotoran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here