Halau Kekhawatiran Saat Menderita Flu Singapura

0
1382
Flu Singapura itjeher.com

Flu Singapura yang di dunia kedokteran dinamakan HFMD atau Hand, Foot, and Mouth Disease jadi wabah yang seringkali diwaspadai saat masuk musim pancaroba. Banyak yang langsung panik ketika merasa terkena gejalanya. Apalagi ketika suhu tubuh meningkat, dan vonis sakit dinyatakan setelah pemeriksaan medis. Sering timbul keraguan ketika telah keluar dari rumah sakit atau dokter dan hanya dibekali dengan multivitamin.

Nyatanya, penyakit yang menyerang imunitas tubuh ini memang hanya bisa segera sembuh jika antibodi penderita kuat. Bahkan, dinyatakan belum ada obat khusus untuk mengobati flu singapura. Selain multivitamin, penderita biasanya akan diberikan obat penurun panas dan salep untuk mengobati bintik-bintik yang timbul di kulit.

Tak perlu khawatir berlebihan, karena ternyata setelah 7 hingga 10 hari biasanya flu singapura akan sembuh dengan sendirinya, asal kondisi dijaga untuk tetap prima.

BACA JUGA :

Cara Anak Zaman Now Menghadapi Hypophrenia

Ternyata, Kacamata Hitam Juga Bisa Kadaluwarsa

Efek Buruk Pakai Laptop di Atas Kasur

Selama masa penyembuhan, banyak yang ragu untuk mandi atau terkena angin. Jika suhu tubuh yang tinggi menyebabkan demam, memang sebaiknya membersihkan diri dengan cara dibasuh dengan air hangat yang diserap lewat handuk.

Walau lebih sering menyerang anak di bawah 10 tahun, bukan berarti flu singapura tidak bisa menyerang orang dewasa. Hanya saja karena anak-anak lebih kurang bisa menjaga kontak dengan dunia luar, ada baiknya jika penyakit ini mengenai anak maka akan lebih baik dirawat terpisah.

Selain itu,masalah antibodi juga bisa diatasi dengan memperbanyak minum air putih untuk meredakan gejala ruam dan luka di area dalam mulut serta tenggorokan. Jika ingin mengonsumsi minuman manis atau memiliki rasa saat terkena flu singapura, ternyata sah-sah saja dan tidak menimbulkan komplikasi selama dikonsumsi dalam batas wajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here