Olahraga Tanpa Alas Kaki lebih Menyehatkan Loh !

0
1001

Seperti yang kita tahu, berjalan tanpa alas kaki banyak sekali manfaatnya. Dan hal ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Begitu juga dengan olahraga tanpa alas kaki atau disebut barefoot training, banyak sekali manfaatnya dibanding olahraga menggunakan sepatu.

Barefoot training atau berlatih tanpa menggunakan alas kaki bisa diterapkan pada olahraga yoga, tai-chi, pilates, senam atau menari. Pelatihan bertelanjang kaki memperkuat otot-otot pergelangan kaki dan kaki. Bila kamu memakai sepatu memang akan lebih stabil, namun ini akan membuat otot kamu malas. Tanpa alas kaki maka ini akan lebih menstabilkan otot-otot kaki dan membantu meningkatkan keseimbangan dan kinerja otot.

BACA JUGA :

Strong By Zumba Ternyata Sangat Beda dengan Zumba Biasa

Pilihan Area Olahraga Outdorr di Jakarta

Pilates. itjeher.com.

Selain itu, telanjang kaki akan menyehatkan karena kaki mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Selain itu ini juga akan membuat energi mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh kamu. Berikut manfaat olahraga tanpa alas kaki, antara lain :

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Berjalan telanjang kaki menggunakan otot tambahan di kaki dan tungkai untuk membantu menyeimbangkan tubuh dan mengirim pesan ke otak. Sehingga dengan menggunakan otot tambahan, sama halnya dengan olahraga, sirkulasi darah untuk kaki akan meningkat.

  1. Meningkatkan postur dan keseimbangan tubuh keseluruhan

Berjalan tanpa alas kaki dapat memaksa tubuh untuk melatih dan memperkuat otot-otot kecil di kaki. Otak belajar untuk memperhatikan sinyal yang dikirim dari kaki, sehingga meningkatkan postur dan keseimbangan tubuh. The Foundation for Health in Aging mengatakan bahwa studi mengenai berjalan di atas batu dapat membantu para orang tua meningkatkan keseimbangan dan kekuatan mereka.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyatakan bahwa grounding dapat mengurangi pembekuan dan pengentalan darah dalam sel darah merah yang merupakan faktor utama dalam penyakit kardiovaskular.

  1. Mengurangi peradangan

RunBare juga menyatakan bahwa radikal bebas yang bertanggung jawab untuk peradangan dapat berkurang dengan proses grounding. Proses tersebut hanya dilakukan dengan berjalan telanjang kaki dan memungkinkan tubuh Anda, yang membawa ion positif dalam radikal bebas, menyentuh tanah yang memiliki ion negatif baik untuk tubuh.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Berjalan dengan menyentuh tanah secara langsung dapat membuat ion negatif masuk ke dalam tubuh. Ion negatif dapat membantu kamu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki juga dapat menyeimbangkan ritme sirkadian untuk memberikan kesadaran yang baik ketika terjaga. Jadi, berjalan telanjang kaki dapat membuat tubuh bekerja sebagai pengingat waktu tidur dan bangun yang alami.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here