Menanamkan Gaya Hidup Zero Waste

0
621

Gaya hidup zero waste atau bebas sampah adalah gerakan mengurangi sampah secara signifikan yang digunakan setiap harinya. Seperti yang kita tahu bahwa sampah, terutama sampah plastik, adalah salah satu jenis bahan yang susah terurai dan menjadi polusi di lautan dunia.

Hal ini telah mengubah dan merusak ekosistem lingkungan, dan juga menjadi masalah yang besar bagi lingkungan. Karena itu, banyak orang yang menganggap gaya hidup ramah lingkungan tidak lagi mampu menjadi solusi, dan mencari jalan yang lebih ekstrim, yaitu zero waste.

Memang, mengubah diri untuk menjalani gaya hidup bebas sampah tidak gampang. Namun, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memangkas beragam sampah yang biasanya dihasilkan dalam sehari-hari. Apa saja? Simak yang berikut ini.

Tidak menggunakan sedotan plastik

Membeli minuman ringan, atau kopi, atau jenis minuman apapun, pasti tersedia sedotan plastik yang diberikan cuma-cuma. Namun, memakan sedotan sekali pakai ini dapat menimbun sampah plastik dengan amat cepat. Karena itu, mulai kurangi penggunaan sedotan plastik dari sekarang.

Jika kamu bisa meminum langsung dari gelas, lebih baik jangan gunakan sedotan. Jika butuh, selalu bawa sedotan stainless atau sedotan bambu yang bisa digunakan berkali-kali, dan mudah dibeli di banyak tempat.

Bawa botol minum

Botol minum plastik juga salah satu sampah yang banyak ditemukan menimbun di banyak tempat. Padahal, membawa botol minum sendiri dan mengisi dengan air dari galon bukan hal yang susah dilakukan. Biasakan membawa botol minum mulai sekarang. Kamu bisa menggunakan botol stainless atau botol kaca, yang mudah dibersihkan.

Alat makan sendiri

Sendok garpu dari plastik sekali pakai juga menjadi sampah plastik yang sebenarnya bisa diganti denganĀ  alat makan sesungguhnya. Karena itu, selalu bawa alat makan sendiri jika kamu berencana makan di luar, atau makan siang di kantor.

Belanja bebas plastik

Bukan hanya sekedar kantong belanja, kamu juga bisa mengurangi sampah plastik dengan membawa kantongan kain sendiri. Misalnya ketika kamu ingin membeli buah, atau sayur, daripada dibungkus dengan plastik untuk ditimbang, gunakan kantongan kain yang kamu bawa sendiri di rumah. Hal ini berlaku untuk barang-barang yang belum dikemas dengan plastik.

BACA JUGA:

Ramai-Ramai Ganti Sedotan Yuk !

Ini Dia Penyebab Utama Pipi Chubby

Kurangi pemakaian tisu

Tisu juga amat mudah menjadi sampah yang menimbun. Walau tidak lama terurai seperti plastik, namun mengganti tisu dengan kain lap dapat menjadi alternatif untuk gaya hidup zero waste. Kamu cukup menyediakan banyak kain lap, dan mencucinya tiap kain sudah mulai kotor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here