Ini Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Sperma

0
1038

Banyak pasangan suami dan istri sulit diberikan keturunan. Sebuah hasil penelitian yang mengatakan bahwa kesulitan mendapatkan keturunan lantaran kualitas sperma yang tidak baik. Satu dari tujuh pasangan mengalami kesulitan untuk hamil dan sekitar 40-50 persen kasus infertilitas terjadi karena rendahnya kualitas sperma laki-laki. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor selerti polusi, merokok dan diet yang tidak sehat.

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi kacang secara teratur dapat meningkatkan kesehatan sperma ?  Melalui penelitian ini, seorang ilmuwan secara acak membagi 119 lelaki sehat antara usia 18 hingga 35 ke dalam dua kelompok yaitu kelompok yang mengonsumsi 60 gram kacang sehari dan satu kelompok yang tidak mengonsumsi kacang.

Mereka yang mengonsumsi kacang terlihat memiliki sperma yang lebih baik dengan hitungan 14% vitalitas, 4% motilitas, 6% morfologi lebih tinggi. Para ahli mengatakan penelitian ini mendukung hasil penelitian lain yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, antioksidan dan vitamin B folat dapat meningkatkan kesuburan.

BACA JUGA :

Dampak Buruk Pada Wanita Saat Bekerja Terlalu Lama

Mengenal Inkontinensia dan Cara Pencegahannya

Makanan yang mengandung antioksidan adalah makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan vitamin A (dalam bentuk beta-karoten). Antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma dengan menurunkan jumlah radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada membran sel.

Misalnya, pisang mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan libido pria dan mengatur hormon seks. Brokoli, wortel, dan bayam mengandung vitamin A yang mecegah sperma pria bergerak lamban. Cokelat hitam (dark chocolate) juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh serta meningkatkan volume sperma menjadi dua kali lipat.

Sedangkan omega-3 bisa didapatkan dari Kacang walnut, kepiting, salmon, ayam, dan lemak ikan. Dan vitamin B folat dapat ditemukan pada jeruk dan kentang, serta pada sereal yang sudah difortifikasi dengan asam folat.

Penulis : Rani Ayu Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here