Kondisi Lidah yang Patut Dicurigai

0
1524
Foto : Pexels

Lidah yang biasa digunakan untuk mengecap rasa merupakan kumpulan otot rangka yang terdapat di lantai mulut. Bagian tubuh ini penting fungsinya dalam membantu mencerna makanan, mengunyah hingga proses menelan. Di permukaannya tersimpan struktur tunas pengecap yang bahkan membantu juga dalam berbicara, karenanya walau bagian ini kecil bisa jadi bagian yang dapat memperlihatkan kondisi tubuh.

Tak sekedar bau mulut yang mengganggu saja yang jadi dampak lidah tidak sehat. Jika menemukan warna yang tidak umum pada lidah, kemungkinan hal tersebut adalah indikasi ada yang tidak beres pada tubuh.

Jika lidah yang disebut sehat biasanya berwarna merah muda, inilah kondisi lidah yang patut dicurigai :

  • Warna kuning

Warna kuning pada lidah seringkali mengindikasikan sakit perut atau liver. Walau demikian, sekedar mulut kering juga bisa mengubah warnanya menjadi kekuningan. Selain itu ada juga beberapa obat-obatan yang menjadikan lidah berwarna kuning seperti pepto-bismol, obat terapi radiasi atau obat untuk kemoterapi.

BACA JUGA :

Ternyata Cara Mengunyah Buat Berat Badan Turun

Menghindari Berat Badan Bertambah Karena Cairan

Jakarta Tanpa Sedotan untuk Masa Depan Anak Indonesia

  • Bintik putih

Bintik putih seringkali ditemui di lidah. Jika pada lidah normal bintik-bintik biasa berwarna merah muda atau disebut papillae, maka bintik putih bisa disebabkan infeksi jamur mulut. Keadaan ini seringkali dialami bayi dan lansia, atau pengguna gigi palsu.

  • Warna merah terang

Orang yang memiliki masalah pada jantung memiliki warna lidah merah terang, selain itu beberapa penyakit yang berkaitan dengan darah juga memicu warna merah karena infeksi sehingga terjadi pembengkakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here