Menikmati Kehangatan Perawatan Boreh

0
915

Indonesia kaya akan berbagai hasil tanaman tropis dan rempah-rempah yang tumbuh dari Sabang hingga Merauke. Keberagaman rempah tersebut, tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan yang sedap, namun juga untuk merawat kesehatan dan kecantikan perempuan Indonesia.

Salah satu perawatan tubuh tradisional adalah boreh dari Bali. Di pulau dewata, boreh dipercaya akan khasiatnya yang menyehatkan tubuh sekaligus mempercantik kulit. Kata boreh berasal dari bahasa Bali  yaitu ‘maboreh’ yang artinya mengoleskan, atau melulurkan. Boreh terdiri dari ramuan rempah-rempah yang diolah menjadi bubuk, dibasahi dan kemudian diaplikasikan dengan diborehkan ke badan.

Boreh memiliki efek menghangatkan yang punya bermacam khasiat bagi tubuh. Perawatan ini membantu penyembuhan radang, melancarkan peredaran darah, menyeimbangkan suhu tubuh, membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam, mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulit. Tak heran, karena manfaatnya yang juga mengoptimalkan kondisi kulit, kini boreh banyak dijadikan perawatan kulit di spa-spa terkenal.

Ramuan rempah-rempah yang digunakan untuk boreh memiliki banyak jenis tergantung kebutuhan. Diantaranya adalah beras, jahe, kencur, cengkeh, ketumbar, kunyit, kayu manis, pala, kelapa parut, kapulaga, temulawak, dan berbagai jenis rempah lainnya.

Campuran yang paling umum dikenal adalah boreh beras kencur. Boreh ini dahulunya digunakan untuk menyembuhkan tubuh dari masuk angin. Beras dan kencur dihancurkan hingga menjadi bubuk, kemudian dicampur air dan diboreh ke seluruh tubuh. Dipercaya, efek menghangatkan dari boreh mampu menghilangkan masuk angin, dan penyakit sejenisnya. Karena tidak terlalu panas, boreh beras kencur juga banyak digunakan untuk anak kecil serta balita.

Banyak orang yang masih menggunakan boreh sebagai alternatif pengobatan tradisional yang dipercaya ampuh menyembuhkan bermacam penyakit sekaligus mempercantik kulit. Penasaran dengan perawatan yang satu ini? Kamu cukup datang ke salon atau spa terdekat untuk merasakan manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here