Manfaat Berjalan Kaki 1000 Langkah

0
1461

Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling aman dan mudah dilakukan. Hampir tidak adak dampak yang tidak baik dari olahraga yang satu ini. Jarang sekali yang dapat mencederai tulang dan sendi atau bagian tubuh lainnya. Bahkan memberi banyak manfaat untuk tubuh.

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Namun, agar tubuh Anda tidak kaget, sebaiknya berjalan kaki dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari sebagai awalan, baru setelah itu secara perlahan kamu tingkatkan durasinya.

Olahraga  ini bisa kamu terapkan dimana saja dan kapan saja. Apabila tidak sempat melakukannya pada pagi hari sebelum beraktivitas, kegiatan menuju halte bis atau menuju transportasi umum dengan berjalan kaki juga sudah dianggap olahraga. Atau pada saat membeli makan siang dengan berjalan kaki akan membuat anggota tubuh menjadi lebih kuat serta melatih otot-otot yang tegang.

Berikut manfaat berjalan kaki lainnya :

  1. Menjaga Jantung Sehat

Kamu akan memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat.  Karena berjalan dengan cepat dapat meningkatkan denyut jantung  serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Selain itu, jantung juga akan memperoleh oksigen lebih banyak. Namun, jika kamu memiliki masalah dengan jantung, cobalah untuk mengonsultasikan kepada dokter ahli terlebih dahulu. Sehinga lebih tahu pasti seberapa lama dan berat bisa melakukan olahraga jalan kaki. Karena hal ini berhubungan dengan batas kegiatan seperti apa yang baik untuk jantung kamu.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Lain

Selain penyakit jantung, diabetes juga bisa dicegah dengan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan melakukan jalan kaki, kamu telah memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat. Dengan berjalan kaki selama 30 menit, kamu bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 setidaknya hingga 30 persen.

Selain itu, gaya hidup yang aktif  berjalan kaki juga dapat  membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, stroke, kanker usus besar dan masalah payudara.

  1. Menjaga Berat Badan

Tidak hanya menjaga berat badan, olahraga secara rutin juga dapat menurunkan berat badan. Berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki kamu, semakin banyak kalori yang dibakar. Akan lebih baik lagi bila ditunjang dengan pola makan yang sehat juga.

  1. Mengurangi Stres

Berjalan secara teratur dapat memodifikasi sistem saraf, dan kamu akan mulai mengalami penurunan amarah. Selanjutnya, mood kamu juga akan membaik.Otomatis berjalan kaki juga bisa membantu dalam mengurangi atau mencegah stres. Karena kegiatan ini dapat memicu endorfin yang dapat mengurangi rasa cemas, depresi atau perasaan tidak bahagia.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Sebuah studi dalam Journal Experimental Psychology, Learning, Memory and Cognition, menemukan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas. Karena itu, jika kamu merasa terjebak dalam masalah pekerjaan, berjalan kaki dapat membantu mencari solusi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here