Manfaat Jamur untuk Kesehatan

0
708

Jamur adalah salah satu tanaman yang biasa diolah menjadi berbagai menu makanan lezat. Beragam menu masakan hingga hidangan sehat sering menggunakan tanaman ini sebagai salah satu bahan utama. Jamur sendiri memiliki berbagai ragam dengan manfaat yang berbeda-beda. Jika dicicipi, tiap jenis memiliki rasa yang tidak sama.

Namun tahukah kamu, selain beragam  jamur ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan? Ya, tanaman yang biasa dijadikan sayuran ini memiliki banyak vitamin, yang membuat tubuh lebih ternutrisi.

Tak hanya sedap untuk disantap kamu juga bisa merasakan khasiatnya untuk kesehatan. Apa saja? Simak paparannya berikut ini.

  1. Kaya vitamin D

Jamur adalah sayuran yang menghasilkan vitamin D. Seperti manusia, ia juga memproduksi vitamin D di bawah sinar matahari.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah studi yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa jamur kancing dapat merangsang fungsi imun, dengan meningkatkan produksi antiviral dan protein lain yang dikeluarkan oleh sel tubuh. Studi lain juga menunjukkan bahwa jenis tanaman ini juga menaikkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Antioksidan

Saat berbicara tentang antioksidan yang melawan radikal bebas, pasti kita langsung berpikir sayuran penuh warna yang terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi. Namun sebuah studi menunjukkan bahwa kadar antioksidan dari jamur portobella hampir sama dengan paprika merah.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Vitamin B sangat penting untuk mengubah makanan (karbohidrat) menjadi energi. Selain itu, vitamin ini juga membantu sistem metabolisme tubuh mengolah lemak dan protein. Maka itu, sayuran ini bisa menjadi jawaban untuk meningkatkan metabolisme karena kandungan kadar vitamin B2 dan B3 yang tinggi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here