Diet Lezat untuk Menurunkan Tekanan Darah

0
717

Sebagai orang Indonesia yang masakannya khas dengan rasa serba tajam, sepertinya akan sulit membatasi konsumsi garam yang jadi penyebab hipertensi alias tekanan darah tinggi. Padahal, ancaman terkena hipertensi ini bisa diam-diam terjadi pada tubuh karena tak mengawasi apa yang dimakan setiap hari. Darah tinggi memang baru bisa diketahui saat mengukur tekanan darah langsung lewat tindakan medis.

Jika sudah terlanjur memiliki tekanan darah yang tinggi, nampaknya kamu harus sudah mulai diet agar tekanan darah kembali normal. Yang harus dilakukan adalah konsumsi segala sesuatu yang rendah garam atau sodium, perbanyak buah, sayuran, susu rendah lemak atau susu tanpa lemak serta biji-bijian.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh haruslah yang tinggi serat, rendah lemak, kaya potasium, kalium dan magnesium. Tapi bukan berarti kamu jadi tidak menikmati hidup. Kamu bisa menjalankan diet dengan makanan yang tetap lezat!

  1. Sarapan

Untuk kamu yang memiliki waktu sempit bersiap di pagi hari, oatmeal adalah sarapan terbaik bagi yang ingin menurunkan tekanan darah. Agar tidak bosan, tambahkan berbagai macam topping di oatmeal seperti kismis, pisang atau stroberi . Jika kamu lebih suka sereal, pilih yang whole grain atau dengan biji utuh, bisa dimakan dengan susu kedelai yang kaya akan isoflavon yang mengandung estrogen. Selain susu kedelai, bisa juga dengan yogurt yang kaya kalsium.

  1. Makan Siang

Saat makan siang, perbanyak porsi sayuran, dan batasi penggunaan garam.  Ingat bahwa bumbu dapur yang tersedia di pasaran biasanya mengandung sodium, karenanya lebih baik jika menggunakan bumbu herbal yang segar. Contohnya jika ingin mengukus ikan, gunakan bawang merah, bawang putih, kunyit dan jahe yang dihaluskan dan rebusan asam jawa yang kaya akan rasa. Perbanyak juga konsumsi kentang sebagai sumber karbohidrat yang kaya dengan potassium. Potassium dalam kentang bisa menurunkan tekanan darah, selain itu kentang juga rendah sodium, bebas lemak, bebas kolestrol dan kaya akan serat.

  1. Makan Malam

Porsi makan malam biasanya lebih sedikit daripada makan siang, yang paling penting adalah hindari yang instan. Dengan prinsip sama seperti makan siang, kamu bisa mengonsumsi bayam yang rendah sodium, sumber zat besi, kalsium, serat, vitamin A, vitamin C dan bisa menurunkan tekanan darah. Tambahkan bayam di berbagai olahan makanan, atau kukus bayam di atas tomat yang dibagi dua. Menu lainnya adalah kamu bisa mencoba salad yang dicampur dengan alpukat yang baik bagi jantung, dicampur dengan kacang almond yang menyehatkan pembuluh darah, dengan dressing minyak zaitun sebagai sumber lemak nabati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here