Tips Merawat Handuk Agar Tetap Bersih Terawat

0
835

Handuk menjadi salah satu benda penting untuk menjaga tubuh tetap bersih selepas mandi. Tapi banyak orang yang tidak peduli terhadap cara merawat handuk yang benar.

Padahal, semua bakteri dan kotoran akan langsung menempel ke tubuh ketika kita membersihkan dengan handuk yang tidak higienis. Bayangkan penyakit apa saja yang bisa kita dapatkan ketika handuk yang dipakai tidak bersih.

Maka itu, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan saat merawat handuk mandi, dan jenis handuk lainnya. Tidak hanya dimasukkan ke mesin cuci dan dikeringkan seperti biasa, berikut beberapa poin yang wajib dibaca.

Cuci sebelum dipakai

Untuk memaksimalkan kerja handuk saat dipakai (dan tentunya menjaga kebersihan), cuci handuk sebelum pemakaian pertama. Hal ini membantu membuka serat pada kain handuk dan meningkatkan daya serapnya secara maksimal.

Handuk baru yang dibawa dari toko biasanya dilapisi pelembut kain, sehingga terasa lembut dan halus saat disentuh. Maka itu, cuci terlebih dahulu agar pelembut larut di dalam air. Jika ingin lebih maksimal, campur segelas cuka ke dalam mesin cuci, saat mencuci handuk pertama kali.

Cara terbaik mencuci handuk

Disarankan agar mencuci handuk setiap 3 hingga 4 kali penggunaan. Kebanyakan jenis handuk membutuhkan air hangat untuk mencuci di dalam mesin. Selain itu, sebaiknya baca keterangan penggunaan yang biasanya tertera di label handuk. Jika kamu disarankan untuk memisahkan handuk berwarna gelap dan terang, sebaiknya ikuti. Selain itu, jangan mencampur cucian baju dengan handuk.

Cara terbaik mengeringkan handuk

Cuci dan keringkan handuk di dalam mesin cuci. Jika mesin cuci kamu dapat mengeringkan handuk dan pakaian dengan sempurna, langsung angkat dan lipat handuk. Pastikan handuk benar-benar kering agar tidak berbau apek dan tumbuh jamur.

Menjemur di bawah matahari sebenarnya tidak terlalu disarankan karena membut tekstur handuk terlalu kering dan kaku. Namun jika kamu memilih opsi ini, pastikan handuk tidak dijemur terlalu lama setelah benar-benar kering. Hindari menjemur handuk di bawah matahari yang terlalu terik selama berjam-jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here