Misteri Golongan Darah Rhesus Negatif

0
1368

Golongan darah dibagi dalam sistem A, B, AB dan O, diikuti dengan rhesus yang terbagi dua yaitu rhesus positif dan rhesus negatif. Sebanyak 85% penduduk dunia memiliki faktor rhesus positif dalam darahnya, sementara sisanya 15% untuk orang dengan rhesus negatif. Karena minoritas, banyak yang menganggap rhesus negatif adalah kondisi kelainan darah, penyakit atau penyebab penyakit. Bahkan di luar negeri ada kepercayaan bahwa orang dengan rhesus negatif tidak berasal dari bumi atau alien.

Hal ini dikarenakan rhesus adalah sistem penggolongan darah berdasarkan kandungan protein antigen D di sel darah merah, yang pada penelitian di tahun 1940 ditemukan di kera dengan jenis Rhesus. Sehingga orang yang tidak memiliki faktor rhesus jadi disebut sebagai rhesus negatif.
Golongan Darah Rhesus Negatif www.itjeher.com

Anggapan bahwa orang dengan rhesus negatif bukanlah manusia biasa, merujuk dari teori Darwin yang mengatakan nenek moyang manusia adalah kera. Sementara penelitian awal mengatakan darah rhesus negatif tak berasal dari kera Rhesus. Karenanya ditarik kesimpulan orang dengan rhesus negatif tak memiliki nenek moyang yang sama dengan manusia kebanyakan.

Elemen darah yang diturunkan dari orang tua memiliki karakteristik yang paling konsisten dan sangat jarang mengalami perubahan. Karena penyimpangan ini sangat sedikit, tak heran jadi banyak ahli yang mempertanyakan asal rhesus negatif ini, dan hingga sekarang masih jadi misteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here