6 Kiat Terhindar dari Flu

0
308

Akhir-akhir ini, cuaca dapat berubah drastis dan tidak menentu. Panas matahari yang menyengat tiba-tiba berubah menjadi hujan deras hanya dalam hitungan menit, membuat banyak orang akhirnya kehujanan dan terserang penyakit flu dan batuk.

Namun, di antara begitu banyak orang yang terkena virus penyakit ini, ternyata kamu bisa bertahan agar tidak ikut terkontaminasi. Bagaimana caranya? Simak beberapa kiat berikut ini.

  1. Selalu cuci tangan

Kebiasaan yang satu ini penting untuk menghindari penyebaran virus dan bakteri penyakit. Tak hanya di tempat umum, sebaiknya kamu juga rajin mencuci tangan ketika berada di rumah, ataupun di kantor.

  1. Hindari serangan stres

Stres dalam jangka panjang dapat memproduksi hormon kortisol, dimana hormon tersebut bekerja menekan sistem kekebalan tubuh, memperlemah pertahanan alami di dalam badan. Maka itu, sebaiknya seimbangkan pikiran dengan melakukan yoga atau meditasi, yang dapat membuat kamu terhindar dari stres.

  1. Vaksin

Banyak yang tidak tahu, bahwa flu dapat dihindari dengan melakukan vaksin di rumah sakit. Terutama bagi wanita hamil, vaksin ini biasa diberikan untuk menjaga kekebalan tubuh.

  1. Rutin berolahraga

Kiat yang satu ini mungkin terdengar seperti nasihat biasa. Namun telah terbukti, bahwa olahraga secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi ingat, olahraga teratur harus diseimbangkan dengan istirahat yang cukup ya!

  1. Tidur berkualitas

Tidur memiliki pengaruh besar pada sistem imun tubuh. Kurang tidur mengganggu sistem jam biologis tubuh, membuat imun sistem imun melemah sehingga tubuh dapat dengan mudah terinfeksi dengan bakteri dan kuman penyakit.

  1. Jangan lupa bersenang-senang

Menurut sebuah penelitian, kesepian adalah musuh dari tubuh yang sehat dan bugar. Karena itu, jangan lupa bersenang-senang dan bersosialisasi dengan kerabat, walaupun cuaca sedang tidak bersahabat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here