Jangan Buang Biji Alpukat! Ini Manfaatnya

0
1221

Di dalam buah alpukat ternyata tidak hanya dagingnya yang bisa dinikmati. Biji alpukat memiliki manfaat yang tidak kalah tingginya. Biji buah ini bersifat banterisida dan fungisida yang berguna untuk menetralkan berbagai mikroorganisme yang bahaya di dalam tubuh.

Selain itu, di dalam biji alpukat mengandung saponin yang berguna meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang meningkat, otomatis racun dan kolesterol jahat pada tubuh mudah terbuang.

BACA JUGA:

Detoks Berita Terkini untuk Mental yang Lebih Sehat

Alasan Selingkuh Ini Ternyata Ada dan Harus Diwaspadai

Lantas, bagaimana mengambil manfaat dari biji alpukat ini? Sebaiknya jangan dikonsumsi saat segar sehabis memotong buah alpukat. Kupas kulit luar biji alpukat terlebih dahulu, dan biarkan biji tersebut mengering. Setelah kering, parut biji dan olah dengan dipanggang di dalam oven dalam suhu rendah selama satu jam.

Untuk digunakan sebagai scrub tubuh, kamu bisa menyampur biji yang sudah diparut dengan kopi bubuk. Tambahkan garam laut dan gunakan sebagai scrub. Sifat antibakteri dari biji buah ini dapat mengatasi jerawat di tubuh.

Parutan biji alpukat ini juga bisa digunakan sebagai sampo yang mampu mengatasi ketombe. Campurkan parutan dengan air bersih, lalu rebus pada suhu rendah hingga mendidih. Saring campurannya dan gunakan airnya untuk mencuci rambut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here