Alami Mewarnai Rambut Dengan Henna

0
1205

Henna yang sejak jaman dahulu digunakan untuk mewarnai kuku dan  temporary tattoo atau body arts oleh para perempuan di India dan Timur Tengah, kini banyak orang memilih  henna sebagai salah satu alternatif dalam mewarnai rambut. Terutama untuk menutup uban-uban nakal yang mulai terlihat. Biasanya mereka memilih henna karena lebih alami dan tidak mengandung bahan kimia. Selain itu, henna juga berfungsi menyuburkan rambut serta membuatnya mengkilap.

Henna yang asli berasal dari daun Henna yang nama latinnya Lawsonia inermis, tumbuh di daerah Timur Tengah, Afrika, India dan Australia. Kini Henna banyak dibudidayakan di India, Bangladesh, Pakistan, Moroko, Yaman, Iran, Afghanistan, Somalia, Tunisia, Libya, Arab Saudi dan Mesir. Sudah pasti mengecat rambut dengan henna tidak mengandung bahan kimia dan biasanya hanya memiliki 1 warna, yaitu merah kecoklatan setelah dicampur air.  Bila diaplikasikan pada rambut yang berwarna hitam atau gelap, dia tidak akan merubah warna rambut. Tetapi bila diaplikasikan pada rambut yang sudah beruban (putih), maka rambut akan berwarna merah kecoklatan. Kamu bisa melakukan perawatan ini sendiri dirumah atau menggunakan jasa salon.

Berikut cara yang praktis mengecat rambut dengan henna :

  1. Campur henna dengan air, lalu aduk hingga rata.
  2. Aplikasikan pada rambut selapis demi selapis. Untuk yang memiliki rambut uban, oleskan lebih dahulu pada rambut putih agar meresap lebih lama. Setelah itu, baru seluruh rambut secara merata.
  3. Bungkus dengan plastic wrap khusus agar henna bisa meresap dengan lebih baik.
  4. Diamkan selama kurang lebih 6 jam agar memperoleh hasil yang maksimal.
  5. Lalu bilas hingga bersih dan keringkan.

Selain itu, ada beberapa kiat yang bisa kamu terapkan sebelum memakai henna, yaitu :

  • Campurkan henna dengan air teh dan biarkan selama semalam sebelum digunakan.
  • Kamu bisa menambahkan sedikit minyak zaitun untuk menambah kelembaban rambut.
  • Henna harus berwarna hijau hingga coklat, dan baunya seperti tumbuhan kering atau potongan rumput. Hindari membeli henna yang berwarna ungu atau hitam, atau yang berbau bahan kimia.
  • Henna yang alami umumnya sangat aman, namun apabila kamu memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya melakukan uji coba sebelumnya di kulit tangan. Apabila kulit menjadi merah dan terasa gatal, tandanya kulit kamu alergi dengan kandungan henna.

 

Ingin mencoba perawatan dengan henna ? kunjungi salon ItjeHer, di jalan Cipete Raya no. 64, Jakarta Selatan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here