10 Langkah Perawatan Korea untuk Wajah Lebih Bersih

0
686

Melakukan perawatan sebelum dan setelah bangun tidur merupakan ritual yang wajib dilakukan setiap wanita. Namun dalam langkah perawatan wajah, menggunakan sabun cuci muka dan pelembab wajah saja tidak cukup untuk merawat kulit hingga bagian dalam.

Kadang kulit terasa kering setelah mencuci muka. Bahkan setelah memakai pelembab, kulit tetap terasa kering. Mungkin karena perawatan yang kalian pakai tidak meresap dengan baik.

Kamu juga harus memperhatikan perawatan yang kamu gunakan, mungkin kulitmu kurang cocok dengan perawatan yang kandungannya terlalu berat seperti perawatan dari Barat. Kamu bisa menggunakan merk perawatan dari Asia yang kandungannya lebih ringan dan mencoba 10 langkah perawatan ala Korea.

  1. Makeup Remover & Oil Cleanser

Pastikan makeup dan kotoran luntur dari wajah. Untuk lebih memudahkan kamu, pilihlah pembersih dengan berbahan dasar minyak lalu pijat sampai makeup terlihat luntur, lalu basuh dengan air hangat.

  1. Water-Based Cleanser

Perawatan Korea itu selalu double, agar kulit benar-benar bersih. Gunakan sabun muka untuk membersihkan sisa residu dan kotoran dari pembersih minyak tadi.

  1. Eksfoliator

Untuk ini, kamu hanya perlu menggunakannya 2 minggu sekali saja untuk menghilangkan sel kulit mati. Langkah ini wajib dilakukan agar perawatan wajah selalu menyerap ke kulit.

  1. Toner

Toner menyeimbangkan tingkat pH kulit setelah mencuci muka. Tuangkan ke tangan dan tepuk langsung ke seluruh wajah atau tuang pada kapas dan usapkan perlahan di sekitar wajah. Dalam langkah ini, menggunakan toner dari merk Asia sangat disarankan karena kandungannya lebih ringan.

  1. Essence

Berguna untuk merawat kulit dilapisan yang paling dalam. Biasanya bertekstur lebih kental sedikit dari air. Cara menggunakannya cukup dutuangkan ditangan lalu tepuk ke seluruh wajah.

  1. Serum/Ampoule/Boosters

Semuanya sama kegunaannya, yaitu menyempurnakan kulit setelah menggunakan essence. Biasanya teksturnya lebih kental dari essence. Guna serum adalah untuk menjaga agar kulit tidak terlihat kusam, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi keriput.

  1. Sheet Masks

Bisa digunakan setiap hari atau 2 kali minggu, ini sangat berguna untuk menenangkan kulit. Sebelum menggunakan, akan lebih baik jika ditaruh di kulkas. Sisa air yang ada dimuka bisa di tepuk menggunakan jari sampai meresap diulit.

  1. Krim Mata

Jika menggunakan krim mata, jangan digosok seperti ketika menggunakan pelembab, ya. Karena mata itu sangat sensitif, sebaiknya menggunakan jari manis, lalu ditepuk lembut saja sampai menyerap.

  1. Moisturizer

Pilihlah pelembab yang cocok untuk kulit kamu. Pelembab wajah itu banyak jenisnya mulai dari emulsi, lotion, gel, sampai krim. Kamu bisa berkonsultasi langsung dengan penjaga tokonya untukĀ  tekstur pelembab yang sesuai dengan wajah.

  1. Sun Protection/Sleeping pack

Walaupun kamu cuma keluar cuma sebentar di siang hari, tapi sun protection sangat wajib dipakai. Karena sinar matahari dapat mempercepat penuaan dini dan tambahnya keriput. Carilah yang memiliki SPF tinggi dan mengandung UVA & UVB. Ada sebagian sun protection yang bertuliskan PA+, PA++, atau PA+++. Ini merupakan sistem penilaian di JepangĀ  dan Korea untuk sun screen dan cara ini adalah untuk menunjukkan seberapa banyak perlindungan yang Anda dapatkan dari sinar UVA. makin banyak anda “+” berarti tingkat perlindungan UVA makin tinggi.

Sleeping pack digunakan di malam hari setelah menggunakan pelembab. Masker ini bisa dibawa tidur sampai pagi dan dibilas berbarengan dengan cuci muka. Masker tidur ini membuat kulit wajah jadi lebih cerah & halus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here