Kebiasaan Mandi yang Berbahaya bagi Kulit

0
74

Di Indonesia yang beriklim tropis ini tentunya kamu mandi setiap hari. Jangankan setiap hari, bahkan dalam satu hari bisa hingga 3 kali. Seringnya kebiasaan mandi ini bukannya membuat kamu memperhatikan cara mandi, tapi seringnya malah jadi tak peduli dan ‘asal’ mandi saja.

Padahal karena dilakukan setiap hari, justru kegiatan mandi ini harus lebih diperhatikan.

Kebutuhan pembersihan ini bahkan bisa berakibat buruk bagi kulit jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Kebiasaan ini termasuk yang berbahaya bagi kulit!

  1. Mandi dengan Air Panas

Jaman sekarang, rasanya semua kamar mandi wajib memiliki mode air panas bahkan di Jakarta sekalipun yang beriklim panas. Padahal mengguyur badan dengan shower air panas dengan serta merta bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan berujung pada rasa gatal. Untuk menyiasatinya, nyalakan air panas hingga uapnya memenuhi kamar mandi, tentunya tampung air di dalam bath tub atau baskom agar tak terbuang terlebih dahulu, setelah itu turunkan temperatur perlahan sebelum membasuh badan.

  1. Sabun Antibakteri

Menemukan sabun antibakteri di pasaran sangat mudah, dan harganya pun murah, sehingga menggoda kita untuk menggunakannya setiap hari. Padahal ternyata sabun antibakteri yang menawarkan perlindungan dari bakteri dan menjaga tubuh dari kuman dan bakteri ini biasanya mengandung triclosan yang merupakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

  1. Menggunakan sikat atau loofah

Menggunakan sikat atau loofah bersama dengan sabun ketika mandi mungkin berfungsi untuk eksfoliasi kulit mati. Tapi seringnya kulit disikat terlalu keras hingga bisa menyebabkan iritasi. Kalaupun disikat dengan cara yang biasa, sikat tersebut juga bisa menghilangkan minyak alami tubuh bahkan bakteri baik yang sebenarnya diperlukan oleh kulit. Apalagi sikat da loofah yang ditinggalkan di kamar mandi biasanya dibiarkan dalam keadaan lembab sehingga malah menjadi rumah yang sempurna bagi bakteri untuk berpindah ke tubuh.

Tips :

Saat kamu mandi di bawah shower tempat pemandian umum seperti kamar mandi gym atau kamar mandi kolam renang, jangan lupa untuk tetap menggunakan alas kaki karena kamu tidak tahu bakteri apa saja yang ditinggalkan sebelumnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here