Gaya Hidup Vegan

0
673

Apa bedanya vegan dan vegetarian? Jika selama ini kamu mengenal orang yang menjalani gaya hidup vegetarian atau kamu sendiri memilih untuk berhenti makan daging, tetap tak ada salahnya menyantap salad yang ditaburi keju sambil sarapan pagi dengan segelas susu. Berbeda dengan orang yang menjalani gaya hidup vegan yang benar-benar tidak mengkonsumsi bahan makanan yang berasal dari hewan, seperti produk susu yaitu keju, yoghurt, juga telur.

Gaya hidup vegan mungkin berawal dari kecintaan terhadap lingkungan yang tinggi dan keinginan untuk makan lebih sehat. Gaya hidup ini melangkah lebih jauh dari sekedar vegetarian, vegan melihat hewan-hewan perlu dilindungi, dan peternakan massal bukanlah eksistensi yang etis dari keselarasan hidup dengan mahkluk hidup lainnya. Bukan hanya yang dimasukkan ke dalam tubuh saja, namun penganut gaya hidup vegan ini juga tak menggunakan produk kulit dan semua produk binatang.

Rumah makan vegetarian memang sudah menjamur di berbagai kota di Indonesia, lalu bagaimana dengan rumah makan vegan yang cara pengolahan makanannya harus lebih kreatif lagi? Di Kota Yogyakarta, di salah satu sudut Jalan Prawirotaman, hadir sebuah rumah makan bernama Simple Plant yang menerapkan gaya hidup vegan di dalamnya.

Makanan yang ditawarkan ternyata beragam, dan banyak yang menggugah selera. Tidak seperti dugaan awal yang menyangka makanan vegan akan dipenuhi dengan sayur dan buah yang diolah secara mentah, kafe ini menyajikan berbagai menu olahan seperti burger dan steak.

Bukan burger dan steak biasa yang diolah dengan daging tentunya, burger dibuat dari tempe, dan steak dibuat dari jamur yang diolah hingga padat dan mengenyangkan dengan rasa gurih. Alternatif minumannya juga lebih menyenangkan bagi yang tak terbiasa meminum smoothie dari campuran sayur dan buah, karena masih ada pilihan lain seperti lemonade soda yang segar.

Di meja-meja kafe disediakan buku-buku bertema vegan yang bisa dibaca untuk pengunjung yang tertarik mencari tahu tentang gaya hidup ini. Walau ruangan kafe tak terlalu besar, di salah satu sudut ruangan masih menyediakan booth yang menjual segala macam pernak-pernik menarik  seperrti t-shirt dan pouch dengan grafis dan tulisan yang meningkatkan kesadaran gaya hidup vegan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here