Panik Karena Tertelan Makanan Pedas? Ini Solusinya

0
1823
Makanan Pedas. Itjeher.com

Makanan pedas adalah salah satu ciri khas kuliner Indonesia. Tiap daerah memiliki masakan khas dengan bumbu pedas, lengkap dengan sambal dari masing-masing daerah. Sebagai orang Indonesia, pastinya kamu bersahabat dengan sambal-sambal tersebut.

Namun, ternyata tidak semua orang tahan akan rasa pedas. Banyak di antara mereka yang bahkan bisa sampai nangis karena kepedasan. Lantas apa yang harus dilakukan jika kita tidak sengaja terpapar dengan makanan pedas?

Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan sensasi tajam dari makanan pedas.

Cokelat
Cokelat juga ampuh mengusir rasa panas yang membakar setelah menyantap sajian pedas. Lemak yang tinggi di dalamnya dapat menghilangkan rasa pedas di lidah.

Air kelapa
Tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa haus, air kelapa ternyata juga bisa mengatasi rasa pedas yang menyerang mulut. Air kelapa sendiri bisa disebut sebagai susu dalam versi yang lebih ringan sehingga rasa manisnya dapat meredakan panas di mulut dengan cepat.

Madu
Madu disebut sebagai penawar yang pas untuk mengatasi panas karena makanan pedas.Rasa manis alami pada madu dianggap dapat meredakan rasa panas setelah memakan menu pedas.

Selai kacang
Sama seperti cokelat, kandungan lemak yang tinggi di dalam selai kacang disebut bisa menghilangkan rasa pedas. Anda hanya perlu memakan satu sendok selai kacang, lalu rasa pedas di mulut akan berangsur-angsur reda.

Susu
Banyak orang sering mengandalkan susu untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. Hal itu dikarenakan kandungan protein di dalam susu yang disebut kasein dianggap mampu melawan capsaicin di lidah sehingga rasa panas setelah makan makanan pedas di lidah akan hilang dengan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here