Paduan Unik Kuliner Indonesia ala Sandra Djohan

0
987

Walaupun wanita secara naluriah terbiasa melakukan kegiatan di dapur, namun bakat untuk membuat sebuah hidangan lezat tidak dimiliki secara otomatis. Selain latihan untuk semakin mahir, terkadang, piawai di dapur juga diperoleh dari bakat turun-temurun.

Seperti perjalanan Sarah Djohan hingga menjadi seorang koki. Wanita sekaligus pemilik restoran Epilogue ini sudah terbiasa meracik makanan di depan kompor sejak umur 5 tahun. Dari bibi hingga sepupu, keluarga Sandra memiliki kebiasaan memasak di dapur saat berkumpul bersama. Selain memasak saat kumpul-kumpul dengan kerabat, Sandra juga sempat berjualan makanan saat bersekolah untuk mencari tambahan uang jajan. Belum lagi latar belakang Sandra yang mengemban ilmu di sekolah chef Le Cordon Bleu Paris, membuat bakat memasak semakin terasah, hingga menghasilkan tak hanya sekedar hidangan, namun sebuah karya seni dalam dunia kuliner.

Sandra sendiri menekuni kuliner Perancis karena ketertarikannya dalam nouvelle gourmet, dimana masakan Perancis memiliki teknik masak terbaik untuk nouvelle gourmet. Uniknya, dalam restoran yang ia miliki di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Sandra senang memadukan menu masakan Perancis dengan cita rasa nusantara.

“Secara mendasar teknik masakan Indonesia sangatlah mudah, dan teknik masakan Perancis yg detail membuat perpaduan itu menjadi menarik. Dengan mengombinasikan dua cita rasa dan teknik ini, aku rasa bisa menjadikan new begining untuk makanan Indonesia” jelas Sandra. Ia ingin membawa masakan Indonesia yang kaya akan rasa dan rempah ke gourmet table.

Ambisi Sandra juga tak jauh dari keinginannya memajukan nusantara, ia sangat ingin membuat perubahan di kuliner Indonesia. Sandra ingin sekali membuat dunia kuliner lebih baik, lebih dikenal di kancah internasional. Selain itu, Sandra juga ingin sekali membuka restoran pop up yang bisa berkolaborasi dengan chef-chef lainnya. “Saya senang sekali berkolaborasi dan banyak terinspirasi dari para teman-teman sesame chef. Baik chef dalam negeri maupun internasional dan alumni Le Cordon Bleu, mereka sangat kaya akan informasi” cerita Sandra.

Kecintaan Sandra Djohan terdapat kuliner dan nusantara juga sangat terlihat ketika  mengunjungi restorannya. Perpaduan kuliner unik dengan bangunan rumah joglo khas Jawa terasa sangat berbeda dengan konsep restoran fine dining yang lain. Penasaran? Langsung saja datang ke Jalan Cipete Raya No. 19A 4, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here