Festival Kuliner Keuken di Bandung

0
304

Bandung selalu jadi tempat kuliner seru. Bukan hanya karena rasa makanan yang lezat, tapi dibalut juga dengan kreatifitas para entrepreneur muda yang bisa mengemas makanan lezat tersebut jadi pengalaman yang lebih menarik. Salah satu festival kuliner rutin yang wajib didatangi di Kota Kembang ini adalah Keuken.

Seperti taglinenya, “Reclaim The Street, Eat!” Keuken memang sering diadakan di ruang-ruang publik yang kebanyakan sudah ditinggalkan oleh masyarakat, atau jarang didatangi sama sekali. Cara ini memberi pengalaman berbeda bagi para penikmat kuliner yang sekaligus bisa menikmati Kota Bandung dari sudut pandang yang berbeda pula.

Pada Hari Minggu, 6 Agustus 2017, Keuken menggelar festival kuliner ke 8 nya dengan judul Ingredients Garden. Tak seperti festival biasa, tema ini ternyata dipilih dari topik yang cukup berat yaitu soal ketahanan pangan. Tapi tentu saja dengan ide-ide segar, topik ini bisa diramu sedemikian mungkin menjadi lebih muda dan ringan. Semua penjual makanan di Keuken ditantang untuk menggunakan bahan-bahan yang didapat langsung dari petani lokal, termasuk International Booth milik IFI (Institute Francais Indonesia).

Diadakan di Arcamanik Driving Range yang merupakan wilayah Bandung Timur, area yang digunakan berupa lapangan golf yang tidak terpakai sehingga berbentuk lapangan luas. Tenda-tenda putih booth penjual makanan dibariskan berjajar di sekeliling lapangan dengan pemandangan rerumputan hijau yang nyaman digunakan untuk duduk.

Walau ketika pukul 11 saat acara baru dimulai cuaca cukup terik, namun menjelang sore berangsur-angsur sejuk. Tak hanya menjual beraneka macam jajanan saja, Keuken kali ini bahkan menyediakan playground untuk sarana bermain anak. Keluarga yang datang tampak menikmati jalannya festival.

Seperti pada Keuken di tahun-tahun lalu, Keuken kali ini pun tetap mengusung semangat Good Festival. Para penyelenggaranya mendorong pengunjung yang datang untuk bertanggung jawab pada kebersihan area acara. Terlihat beberapa panitia membagikan alas makan agar sampah tidak berceceran, tentunya juga menempatkan tempat sampah di tiap sudut tempat acara. Bagi yang pengunjung yang datang dan membeli dengan membawa tempat bekal, penjual yang mengisi acara sepakat untuk memberi tambahan makanan, dan untuk pengunjung yang datang dengan menggunakan sepeda ada potongan harga khusus juga yang diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here