Tips Hemat Saat Musim Liburan

0
1002
tips hemat musim liburan. itjeher.com

Musim liburan adalah waktu yang menyenangkan untuk bersantai bersama keluarga dan teman-teman. Namun tetapi, saat-saat seperti ini yang biasanya menghabiskan banyak anggaran dan biaya tak terduga.

Tidak hanya itu, musim liburan terkadang bisa membuat utang besar jika kamu tidak benar-benar merencanakan anggaran. Oleh karena itu, sebaiknya buat perencanaan yang matang dan buat anggaran yang sesuai dengan rencana liburan kamu.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Tetapkan anggaran

Entah kamu berencana liburan ke luar kota, atau hanya di rumah, sebaiknya rencanakan anggaran yang ditetapkan selama hari libur. Karena, walaupun kamu tinggal di dalam rumah, terkadang ada pengeluaran lebih seperti memesan makanan dari luar, dan pengeluaran lainnya.

Jangan tergoda

Jangan terjebak dengan iklan untuk membeli barang, bahkan bila ada diskon sekalipun. Hindari iklan, serta cobalah untuk tidak membandingkan kebiasaan belanja liburan kamu dengan orang lain.

Beres rumah

Bila kamu ingin habiskan liburan di rumah saja dan ingin berhemat, coba menengok lemari pakaian. Apakah kondisinya berantakan dan rapi? Kalau berantakan coba rapihkan. Atau kamu bisa memilih pakaian yang sudah lama tidak dipakai untuk disumbang atau diberikan sebagai hadiah.

Masak makanan favorit

Bila kamu berencana habiskan liburan panjang di rumah, mungkin masak makanan favorit bisa jadi pilihan. Daripada pengeluaran membengkak karena memesan makanan dan makan di luar terus, makan di rumah juga murah meriah dan sehat.

Hargai momen berharga

Buat kenangan dengan menghabiskan waktu bersama orang yang kamu cintai daripada membeli membeli hadiah yang sempurna. Fokus untuk menghabiskan waktu bersama-sama dan bersenang-senang di musim liburan ketimbang habiskan uang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here