Melihat Api Biru di Kawah Ijen Banyuwangi

0
1605
Blue Fire. itjeher.com

Kawah Ijen merupakan sebuah danau di atas Gunung Ijen yang terbentuk akibat proses letusan gunung. Yang menarik adalah kawah ini berada di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa dengan diameter 6 km. Bila dilihat dari atas gunung Ijen, kawah ini merupakan danau yang besar berwarna hijau kebiruan  dengan kabut dan asap belerang yang sangat memesona.

Bila kita berada disana akan terasa udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius bahkan bisa mencapai 2 derajat. Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi juga dapat ditemukan disana, seperti Edelweis dan cemara gunung.

Yang wajib bila berada di Gunung Ijen adalah melihat api biru (blue fire). Namun kamu harus mendaki terlebih dahulu dengan ketinggian 2.443 meter dari permukaan laut. Dan ada waktu tertentu untuk menyaksikannya yaitu pukul 02.00 WIB hingga 03.00 WIB. Semburan api biru di Ijen adalah salah satunya dari dua lokasi di dunia selain Eslandia.

Blue Fire. itjeher.com

BACA JUGA :

Pilihan Tempat Glamping di Indonesia 

Kunjungi Desa Wisata di Banyuwangi Seperti Sri Mulyani

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan kegiatan pada penambang belerang disana. Para penambang tersebut biasanya turun kedasar kawah untuk mengumpulkan bongkahan belerang. Setelah mendapatkannya mereka bawa dan ditampung di puncak gunung. Perlu diketahui, para penambang begitu memiliki keberanian dan melakukannya dengan cara konvensional, hanya mengandalkan tenaga dari tubuhnya.

Belerang. itjeher.com.

Jangan lewatkan indahnya proses matahari terbit di Gunung Ijen. Dan dari gunung ini juga wisatawan bisa melihat indahnya pesona gunung di daerah lain seperti dari timur Kawah Ijen terlihat puncak Gunung Merapi di Yogyakarta. Lalu juga gunung-gunung lain seperti puncak Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.

Bahkan usai menikmati pemandangan dan perjalanan di kawah Ijen, kamu juga bisa dimanjakan dengan hidangan kopi khas Banyuwangi dengan sebutan kopi lego kepanjangan dari Lerek-Gombengsari yang terletak di kaki gunung. Jenis kopinya sendiri adalah robusta dan wisatawan bisa memetik kopi hingga menikmati kopi di tengah perkebunannya. Seru kan !

Kawah Ijen. itjeher.com.

Segera rencanakan liburan kamu ke lokasi Kawah Ijen Kawah Gunung Ijen yang  terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Kamu pun bisa memilih titik landasan terdekatnya. Bila menggunakan pesawat, maka bisa memilih tujuan penerbangan ke Banyuwangi, Malang, dan Surabaya. Setelah itu bisa lanjut menggunakan kendaraan umum atau pun menyewa. Terdapat  “Taksi Manusia” yaitu  alat transportasi yang terbuat dari gerobak. Nantinya akan didorong oleh seseorang yang biasanya adalah penambang di sana, dan bisa ditumpangi oleh wisatawan dengan tarif yang diberikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here