Keindahan Bawah Laut Pulau Tomia di Sulawesi Tenggara

0
569

Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara  yang sudah menjadi destinasi wajib dikunjungi di Indonesia, ternyata memiliki segudang keindahan alam. Salah satunya Pulau Tomia yang menyimpan kejutan akan daya tarik daratannya dan juga bawah laut.

Wilayah Pulau Tomia terdiri dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Tomia Timur yang berpusat di Usuku dan Kecamatan Tomia Induk yang memiliki pusat di daerah Waha. Di pulau ini terdapat delapan belas desa yang dihuni oleh masyarakat yang berasal dari Suku Bugis, Jawa, Bajo, dan Buton.

Daratan Pulau Tomia. itjeher.com.

BACA JUGA :

Berwisata ke Orchid Forest Cikole, Lembang

Festival Lampion Ancol Meriahkan Asian Games 2018

Karena merupakan pulau terkecil dari gugusan Kepulauan Wakatobi lainnya, hanya memerlukan waktu sekitar dua hingga tiga jam saja untuk mengelilingi seluruh area di Pulau Tomia. Daratan Tomia dipenuhi dengan bukit-bukit, lembah, serta savanna yang membentang luas. Di daratan Tomia, para pengunjung juga dapat menemukan situs sejarah seperti Benteng Patuha. Keindahan daratan Tomia tidak kalah dibandingkan dengan keindahan bawah laut dari pulau yang termasuk ke dalam kawasan segitiga terumbu karang dunia itu.

Bawah Laut Pulau Tomia. itjeher.com.

Sedangkan di bawah lautnya, terdapat terumbu karang yang sehat dan terjaga baik, ikan berwarna-warni dan hewan laut lainnya yang memiliki bentuk unik dan bervariasi. Kamu dapat menggunakan fasilitas snorkeling atau menyelam hingga diving yang aman ditemani operator penyelaman atau Dive Center yang berpengalaman. Dengan adanya Dive Center disana, kamu  tidak perlu takut untuk untuk mengeksplor alam bawah laut Pulau Tomia.

Bagi siapapun yang ingin mengunjungi Tomia, terdapat banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan. Dari Jakarta bisa mengambil penerbangan langsung ke Bandara Matahura, Wakatobi di Wanci, dengan transit di Kendari. Bisa juga melakukan perjalanan laut dari Kendari dengan kapal penyebrangan rutin tiap minggunya langsung ke Pulau Tomia. Selamat berlibur !

Sumber dan foto : Indonesia Kaya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here