Wisata Gua Yang Menantang Adrenalin

0
831

Jika bosan dengan pantai dan gunung, ada alternatif tempat wisata lain yang tidak biasa, yaitu gua. Caving merupakan salah satu aktivitas wisata yang cukup menantang adrenalin karena kita akan memasuki perut bumi dengan kedalaman tertentu. Di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Sukabumi terdapat kurang lebih 80 gua. Beberapa gua sering dikunjungi untuk kegiatan wisata minat khusus. Tidak perlu keahlian khusus untuk caving di sini karena yang diperlukan adalah fisik yang baik dan mental yang kuat karena kita akan berada di kedalaman puluhan meter di bawah bumi dan menelusuri gua ini.

Gua Cipicung

Dinamakan Gua Cipicung karena berada di Desa Cipicung, merupakan gua horizontal. Untuk masuk ke dalam gua sudah ada tangga dan medannya tidak terlalu ekstrim. Untuk masuk ke dalam gua perlu memakai helm, headlamp, dan boots. Di sini ada stalaktit berbentuk kubah, stalamit  yang masih tumbuh, dan juga kelelawar. Kita tidak menyusuri sungai dan hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit di dalam gua.

Gua Kerek

Berbeda dengan gua sebelumnya, Gua Kerek mempunyai tantangan yang lebih ekstrim. Sesuai dengan namanya, untuk memasuki gua, kita akan dikerek dengan tali untuk turun ke kedalaman 18 meter. Disini kita harus menggunakan wearpack karena akan menyusuri sungai dan berjalan melewati lumpur. Stalatit dan stalagmit di sini lebih bervariasi. Kita juga bisa melihat kelelawar dari dekat dan udang purba yang panjangnya hanya sekitar 1 cm. Perlu ditemani guide untuk menyusuri gua ini.

Gua Buniayu

Untuk berkunjung ke Gua Buniayu, ada baiknya menghubungi pihak pengelola untuk mengetahui apakah situasi gua memungkinkan untuk dikunjungi atau tidak. Ada pengelola dari Perhutani dan beberapa operator yang menyediakan trip ke sana. Di gua ini kamu bisa menyaksikan “karya  seni”  alam  yang menakjubkan, seperti stalaktit yang seolah hendak menghunjam dari atas  langit-langit gua, stalakmit di dasar gua,  tetesan-tetesan air yang suaranya terdengar nyaring di kesunyian gua, dan bentuk-bentuk  bebatuan  gua lain yang unik dan seperti  hasil  dekorasi manusia. Jangan kira di kedalaman bumi yang gelap itu kamu tak akan  menemui  makhluk  hidup.  Justru itulah rumah untuk  beberapa  jenis binatang.  Salah satunya yang ajaib adalah laba-laba hitam  besar yang  buta. Ada juga makhluk khas gua lain yang  memang  menyukai kegelapan,  yaitu kelelawar. Biarkan saja mereka dan jangan  diganggu karena selayaknya tamu, sepantasnya kita menghormati  tuan rumah selama bertandang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here