Matahari Terbenam di Yogyakarta

0
1186

Salah satu tempat terbaik menyaksikan matahari terbenam di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini terletak sekitar 28 KM dari pusat kota Yogya. Yang menarik dari Parangtritis adalah delman yang hilir mudik di tepi pantai berpasir hitam ini. Daya tarik lainnya yang membuat Parangtritis spesial adalah legenda  bahwa pantai ini tempat tinggal Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. Maka dari itu, wisatawan yang berkunjung tidak memakai baju berwarna hijau karena mitosnya akan menarik perhatian ratu.

Ada banyak pintu masuk menuju Parangtritis, tergantung pilihan kalian. Akses jalan ke sini sudah beraspal dan tersedia cukup banyak lahan parkir. Jangan khawatir dengan tempat makan dan fasilitas kebersihan, semua sudah tersedia di sini.

Siang hari di Parangtritis sangat terik karena tidak seperti pantai lainnya yang biasanya memiliki banyak pepohonan. Hamparan pasir di Parangtritis sangat luas. Alternatif waktu terbaik ke Parangtritis adalah sore hari, sehingga jika beruntung bisa menyaksikan matahari terbenam.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, diantaranya berkeliing pantai dengan delman, naik kuda, atau menyewa ATV. Bagi para penantang adrenalin, kalian bisa mencoba paralayang dari Bukit Gupit dengan pemandangan laut pantai selatan, yaitu Samudra Hindia. Sambil menunggu matahari terbenam, kalian juga bisa menikmati jajanan di sepanjang pantai, salah satunya adalah jagung bakar. Bulan dan bintang akan tampak jelas di sini ketika langit cerah.

Menginginkan pemandangan berbeda? Kalian bisa naik ke Bukit Gupit atau yang dikenal dengan Bukit Paralayang Parangtritis. Jaraknya sekitar 3 KM dari Pantai Parangtritis dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Di sini terdapat warung makan, kamar mandi dan tempat parkir. Dari sini kalian bisa menikmati pemandangan laut pantai selatan.

Jika kalian berkunjung ke Yogyakarta dan ingin melihat matahari terbenam, Parangtritis bisa menjadi alternatif destinasi wisata kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here