Tren Mode 2018 : Kembalinya Klasik Denim

0
1113
Koleksi Denim Tom Ford. itjeher.com.

Tren Mode 2018 kembali menampilkan bahan denim pada beberapa koleksinya. Denim yang sudah ada sejak zaman dahulu selalu memberi inovasi yang membuat penggemarnya semakin jatuh cinta. Namun darimana denim itu berasal ? Denim sendiri berasal dari kata Serge de Nîmes yang merupakan sebuah kota di France. Dulu, denim sebenarnya merupakan paduan dari wool dan cotton atau wool dan silk, namun setelah abad ke-19, hanya memakai cotton saja. Warna biru dari denim merupakan hasil dye dari tanaman indigo yang telah dipergunakan sejak 2500 B.C. Pabrik-pabrik denim mengimpor indigo plant dari India sampai akhirnya sintetik indigo diciptakan.

Koleksi Denim Max Mara. itjeher.com.

Sebuah sumber mengatakan bahwa Indonesia dulu merupakan salah satu penyuplai Indigovera (emas biru). Ambarawa dan sekitarnya merupakan ladang terbesar Indigovera. Natural indigo sangat mahal tetapi masih bisa ditemui pada bahan denim sekarang. Namun, disertai dengan harga yang melambung tinggi. Sintetik indigo ditemukan oleh Adolf Von Baeyer pada tahun 1878.

Koleksi Denim Kenzo. itjeher.com.

Denim mulai populer pada tahun 1950, dan pada tahun 1957, mencapai penjualan sebesar 150 juta pasang di seluruh dunia. Tahun 1967, 200 juta pasang terjual di Amerika, 500 juta di tahun 1977, dan puncaknya 520 juta pada tahun 1981.

Koleksi Denim Nina Ricci. itjeher.com,

Tahun 1970 adalah masa dimana celana berbahan denim (jeans) diproduksi massal, dan saat inilah yang kemudian menjadikan denim mencapai puncak popularitasnya. Hingga kini desainer dari seluruh dunia masih menyertai denim pada salah satu koleksi setiap tahunnya.

Koleksi Denim Fendi. itjeher.com.

Seperti di pagelaran busana fashion week 2018 (Paris, Milan, New York, London), rumah mode Tom Ford, Fendi, Nina Ricci, Max Mara dan Kenzo membuat rancangan klasik dengan potongan bahan denim yang chic. Tidak hanya pada celana panjang, namun juga dress, jaket, jumpsuit dan juga topi.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here