Apakah Kamu Benar-benar Mengenakan Batik di Hari Batik 2018 ?

0
1001
Foto : Pixabay itjeher.com

Hari Batik 2018 jatuh pada tanggal 2 Oktober. Di hari ini, masyarakat Indonesia merayakannya dengan beramai-ramai menggunakan batik untuk beraktivitas. Tapi apakah batik yang kamu gunakan di hari besar tersebut benar- benar batik?

Batik telah melewati perjalanan panjang hingga bisa dirayakan menjadi sebuah budaya Indonesia pada Hari Batik 2018 setelah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi tanggal 2 Oktober 2009.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya melalui proses tertentu.

BACA JUGA :

Kamu Bisa Menghubungi Dakota Johnson Jika Ada Masalah

Meditasi Pilihan Meghan Markle

Mengetahui Khasiat AHA di Produk Kecantikan

Sehingga sebuah kain bisa disebut sebagai batik jika dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain. Batik berasal dari kata amba dan tik dari bahasa jawa yang berarti menulis titik.

Penulis buku “Mari Berkain” Reni Kusumawardani di workshop Ikat Ikat Kain bersama Itjeher menyebutkan jika sebuah kain bermotif batik tidak melewati proses membatik melainkan dicetak atau dicap maka kain tersebut bukanlah batik melainkan tekstil atau kain bermotif batik.

Karenanya coba cermati lagi busana yang kamu kenakan di Hari Batik 2018 ini, jika kain yang digunakan hanya mengadopsi motif batik tanpa melewati proses membatik maka bukan batik namanya, melainkan tekstil saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here